Rapat Pleno Pemilu Batang Tuntas Tanpa Kecurangan

Baca Juga

Para anggota KPU Batang dan saksi dari 
partai politik membubuhkan tanda tangan. 
(Foto: Istimewa) 




NET - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019  Kabupaten Batang, Jawa Tengah, selama dua hari di Hotel Dewi Ratih, telah selesai, Sabtu (4/5/2019).

"Alhamdulilah proses rekapitulasi selama dua hari berjalan lancar tidak ada masalah, hanya ada koreksi jumlah pemilih  yang salah menulis Daftar Pemilih Tetap (DPT) laki - laki dan perempuan serta pemilih jumlah disabelitas. Kita betulkan sesuai jumlah DPT, tidak ada protes dari saksi-saksi yang ada koreksi dari Bawaslu," ujar Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan.
                  
Pada prinsipnya, kata Nur, tidak ada kesalahan ataupun kecurangan perolehan masing-masing  pasangan Calon Presiden  dan Wakil Presiden, calon legislatif maupun, partai politik maupun calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang secara umum sudah memenuhi jujur, adil, dan transparan.

"Tahapan selanjutnya, kita menunggu penetapan secara nasional pada 22 Mei dan kemudian kita akan menetapkan perolehan kursi masing-masing partai politik untuk DPRD Kabupaten," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Achmad Suharto mengatakan pada rapat pleno rekapitulasi ini dalam pengawasan Bawaslu berjalan sesuai mekanisme seperti diatur dalam Peratuan KPU No. 4 baik KPU dan jajaranya. “Kami sudah cek data dari KPU, saksi-saksi dan data dari panitia pengawas, semua berjalan bagaimana mestinya,” tutur Suharto.


Dalam rapat pleno rekapitulasi, kata Suharto, berjalan sangat transparan sekali dan  bersifat umum. Jadi  kalaupun ada beda selisih angka bisa diselesaikan bersama-sama sehingga tidak ada keributan saksi mapun kecurangan. Selama rekapitulasi berlangsung hanya diwarnai interupsi kecepatan membaca angka saja, untuk substansinya tidak ada masalah.

Bupati Batang Wihaji mengatakan terciptanya kondisi Pemilu nyaman dan konduaif ini berkat kerja keras dan kerja disiplin dari semua stakeholder, yang memang mereka mendambakan Kabupaten Batang damai dan guyub rukun.

“Saya sangat apresiasi kepada jajaran Polres Batang, Kodim 0736 Batang telah mengawal Pemilu kondusif. Begitu juga KPU dan Bawaslu yang bekerja sesuai aturan, transparan, jujur dan adil,” tutur Wihaji.

Terima kasih kepada tokoh Agama, tokoh pemuda, ormas dan elit-elit politik dengan kedewasaan politik, sehingga setiap gelaran Pemilu selalu adem berjalan sukses tanpa ekses. “Kami atas nama Pemkab Batang turut belasungkawa kepada pahlwan-pahlawan demokrasi, mereka gugur dalam menjalankan tugas menjadai penyelanggara Pemilu karena kelelahan," ucap Wihaji. (dade)


Post a Comment

0 Comments