Guna Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemprov Gelar Pasar Murah

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim 
menyerahkan bantuan sembako kepada 
warga yang berpenghasilan rendah. 
(Foto: Istimewa)



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim mengungkapkan dalam  upaya menstabilkan harga bahan pokok jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyelenggarakan Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1440 Hijriyah.

Kegiatan tersebut sekaligus menggelar produk Industri Kecil Menengah (IKM) Provinsi Banten serta penyerahan bantuan makanan dan bahan pokok pada masyarakat. Bazar dilaksana di halaman Mesjid Raya Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Al Banteani, Curug, Kota Serang, Kamis (23/5/2019).

"Jangan sampai harga bahan pokok ini mendekati Lebaran malah semakin tinggi. Harus tetap stabil agar tidak memberatkan masyarakat," tutur Gubernur.

Gubernur menjelaskan pasar murah yang diselenggarakan tersebut guna melakukan penetrasi dan stabilitasi harga bahan pokok untuk membantu meringankan beban masyarakat menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini sekaligus menawarkan berbagai komoditi kebutuhan pokok baik bahan makanan, pakaian, dan peralatan rumah tangga lainnya. Sehingga, masyarakat dapat berbelanja semua kebutuhan Lebaran dengan harga hemat pada satu tempat.

"Nanti sisa uangnya bisa untuk bagi-bagi ke saudara, yatim piatu, dan miskin agar ibadah puasa Ramadhannya semakin sempurna," ucap Gubernur Wahidin Halim (WH).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso melaporkan bazar atau pasar murah ini diisi dengan berbagai stand bahan pokok murah sebanyak 150 stand lebih.  Dalam hal ini dilakukan pula apel siaga PUPM dan Toko Tani Indonesia yang melibatkan 136 gapoktan, pasar produk pertanian, komiditi sayuran, palawija, dan daging beku sebanyak 12 stand, gelar produk olahan argo, kerajinan, dan pakaian sebanyak 20 stand, pembagian sembako gratis sebanyak 1.350 paket.

Sembako tersebut berasal dari Bank Indonesia sebanyak 300 paket, Bank Banten sebanyak 500 paket, KI Modern Cikande sebanyak 500 paket, Lotte Petrochemical sebanyak 50 paket, PT Wilmar sebanyak 500 liter minyak goreng dan PT Mayora berupa air mineral dan minuman serta pelayanan penukaran uang oleh Bank Indonesia (BI).

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias mengikuti bazaar ini," ujar Babar

Babar menjelaskan memasuki bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah dan menjelang Idul Fitri 2019, beberapa hal yang sudah dilaksanakan secara terpadu baik lintas Organisasi Perangkat Daera (OPD) maupun lintas Instansi dan lembaga di antaranya pemantauan pasar yang dilaksanakan menjelang Ramadhan langsung oleh Gubernur, Kapolda Dan Danrem 064 Maulana Yusuf ke pasar Rau pada 28 April 2019. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments