Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur: ASN Bayar Zakat Di Serang, Jangan Di Kampung

Gubernur Banten H. Wahidin Halim.
(Foto: Istimewa)



NET - Gubernur Banten H. Wahdin Halim mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membayar zakat, infaq, dan shadaqah sebelum pulang ke kampung halaman masing-masing.

Gubernur mengatakan hal itu pada pengajian bersama Hari Peringatan Otonomi Daerah XXIII, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Kesadaran Nasional, di Masjid Raya Al Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Curug, Kota Serang pada Senin (20/5/2019).

Imbau kepada ASN disampaikan pula oleh Gubernur untuk membayar zakat, infaq dan shadaqahnya di Baznas Provinsi Banten melalui Baitul Mal. Karena, pendapatan yang diperoleh dari masyarakat Banten sebaiknya disalurkan kembali ke masyarakat Banten yang membutuhkan.

"Jangan dibawa pulang kampung, bayar di Banten lalu silahkan pulang dengan selamat karena didoain sama rakyat Banten dan saya. Bawa mobil (dinas) silahkan, saya dan Pak Andika paling bijaksana selalu memberikan kemudahan. Izin cuti silahkan, tapi kalau sudah waktunya masuk ya masuk," ujar Gubernur.

Dengan membayar zakat, infaq dan shadaqah, Gubernur meyakini akan datang keberkahan dalam kehidupan setiap manusia. Setiap keberkahan akan mendatangkan ketaatan kepada Allah SWT dan menumbuhkan keshalehan dalam diri. Namun sebaliknya, jika membayar zakat, infaq, dan shadaqah terasa memberatkan, maka segala yang telah didapat akan selalu terasa kurang. 

"Jadi oleh karena itu, saya harap kalian taati aturan. Pulang kampung silahkan, tanggal 24 Mei saya suruh BPKAD semua sudah dicairkan. Biar pada mencar ke mana-kemana cari baju lebaran. Nanti liburnya langsung kembali tepat waktu ya," tutur Wahidin Halim (WH).

Gubernur menambahkan berprofesi sebagai ASN merupakan sebuah pilihan hidup yang di dalamnya terdapat hak dan kewajiban. Oleh karenanya, ASN sudah semestinya patuh terhadap peraturan yang telah dibuat dan tidak mempersoalkannya seperti harus masuk kerja pukul 06:00 WIB, maka patuhilah dengan ikhlas.

"Kalau masuk jam 06:00 ya, masuk jam 06:00. Jangan nyinyir karena pasti Gubernur dan Wagub punya tujuan yang baik. Kalau pulang ya pulang, kumpul dengan keluarga," imbuh Wahidin menyarankan.

Gubernur mengingatkan para ASN untuk tidak lagi terlibat politik praktis dengan menggunakan simbol-simbol kampanye. Gubernur mengajak para ASN untuk menghormati proses dan kinerja yang dilakukan lembaga independen seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mempercayai hasilnya.
"Kita harus sadar bahwa KPU lembaga independen yang harus dipercaya. ASN harus tetap taat dan loyal kepada negara, siapa pun pemimpinannya, kita harus loyal. Itu keharusan," tegasnya.

Sementara itu,  KH Syibli Sardjaya menyampaikan tausiah membayar zakat merupakan kewajiban seorang muslim untuk membersihkan hartanya dari sebagian harta yang menjadi hak muslim yang lain.

Oleh karenanya, Syibli mengapresiasi langkah Gubernur Banten yang mengeluarkan kebijakan agar ASN dapat membayar zakatnya melalui Baznas Provinsi Banten. Dengan kebijakan tersebut, masyarakat Banten bisa lebih sejahtera dan Banten menjadi provinsi yang baldatun thayyibatun warabbun ghafuur. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments