Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Turun Tangan Bereskan Palima-Pakupatan Jadi Jalur Protokol

Gubernur Banten H. Wahidin Halim (kiri)
berbincang dengan Kepala Satpol PP Basri
 dan disaksikan oleh Kepala OPD lainnya. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke ruas Jalan Palima-Pakupatan, Kota Serang yang dipenuhi spanduk, baligho, dan rumput-rumput dan pedagang kaki lima (PKL) liar, Rabu (10/4/2019). Upaya pembersihan ini dilakukan lantaran Gubernur menginginkan agar jalur Palima-Pakupatan dapat dijadikan jalur protokol di Kota Serang.

Dalam sidak, Gubernur bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengawasi kegiatan pembersihan jalur Palima-Baros yang dilakukan petugas teknis gabungan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK), serta Dinas Pertanian.

Berdasarkan pantauan, Gubernur melakukan sidak sekitar pukul 07:00 WIB dimulai dari titik depan gedung Bank Indonesia, Palima. Gubernur meninjau sejumlah titik yang tengah dibersihkan dan ditertibkan. Kemudian, Gubernur memerintahkan para Kepala OPD terkait atas upaya pembersihan dan penertiban yang harus dilakukan oleh masing-masing OPD sesuai tupoksi.

Gubernur memerintahkan Kepala Satpol PP M Basri untuk menertibkan sepanjang jalur Palima-Baros dari spanduk, baligo, dan alat peraga kampanye (APK) liar yang memadati dan mengotori estetika.

"Pokoknya, saya ingin kelihatan indah, estetikanya harus ada. Tertibkan yang masih liar," ujar Gubernur.

Selain itu, Wahidin memerintahkan Kepala Dinas Perkim M. Yanuar, Dinas Pertanian dan LHK untuk membersihkan rumput-rumput liar yang memenuhi median dan bahu jalan serta menanaminya dengan tumbuhan dan pepohonan yang bagus.

"Biar kelihatan jalan menuju KP-3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Ban
ten-red) itu bersih, asri dan nyaman dilalui. Tidak malu-maluin. Saya ingin ini jadi jalur protokol. Jadi kondisinya harus selayaknya seperti jalur protokol," tutur Wahidin menegaskan.

Sejumlah petugas sedang membersihkan rumput.
(Foto: Istimewa) 

Terakhir, Gubernur memerintahkan Kepala Satpol PP untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang masih memadati bahu-bahu jalan sepanjang jalur Palima-Baros.  Keberadaan PKL liar mengganggu kenyamanan dan keamanan lalu lintas sepanjang jalur tersebut.

"Sterilkan itu pedagang kaki lima di sepanjang jalan, untuk mengurangi kemacetan," uccap  Gubernur.

Sebelumnya sudah dibahas kegiatan bersih-bersih dan penertiban jalur Palima-Baros merupakan hasil dari rapat evaluasi terbatas yang dilakukan pada Selasa (9/4/2019) di ruang rapat Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang. Rapat yang dipimpin langsung Gubernur tersebut dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Asda III dan sejumlah OPD diantaranya Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dishub, Kepala Dinas LHK, Inspektur, Satpol PP, Kepala BKD, Kepala Bappeda, Biro Pemerintahan dan Biro Adpem. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments