Pelabuhan Teluk Bayur Lakukan Layanan Elektronik-Service

Baca Juga

Armen Amir (tengah) menggunting pita tanda 
peresmian e-Service didamping pemangku 
kepentingan Pelabuhan Teluk Bayur. 
(Foto: Istimewa) 


NET - PT Pelabuhan Indonesia II/IPC meluncurkan layanan berbasis elektronik atau e-Service di Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat. Layanan e-Service merupakan bagian dari salah satu program digitalisasi pelabuhan yang dicanangkan IPC/Pelindo II melalui anak usahanya PT IPC Terminal Peti Kemas (IPC TPK).

"Pada tahap awal ini implementasi e-Service untuk layanan peti kemas, namun nantinya juga akan diterapkan untuk non-peti kemas di pelabuhan itu. Ini sesuai dengan roadmap pengembangan pelabuhan berkelas dunia yang dicanangkan IPC agar cabang-cabang pelabuhan bisa melakukan digital port service sehingga mampu memberikan layanan maksimal kepada semua customernya," kata General Manager IPC Cabang Pelabuhan Teluk Bayur Armen Amir kepada wartawan, Selasa (26/3/2019), di Jakarta.

Pada akhir bulan lalu, kata Armen, implementasi e-Service juga telah dilakukan di pelabuhan Jambi untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa.  Sebelumnya, juga telah diterapkan di pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Panjang.                                            
        
Sementara itu, Direktur Operasional IPC TPK Heru Satrio mengatakan layanan berbasis elektronik atau e-Service yang dikembangkan PT IPC TPK untuk kepentingan pengguna jasa terminal peti kemas yang dikelola perseroan, telah memberikan transparansi dan efektif memangkas waktu sehingga lebih efisien dalam memberikan layanan kepelabuhanan bagi pengguna jasanya. 

IPC TPK, kata Heru, merupakan salah satu anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II/IPC yang khusus menangani peti kemas pada wilayah kerja BUMN kepelabuhanan itu. "e-Service terus dilakukan sosialiasi oleh IPC TPK mengingat layanan tersebut merupakan penyediaan akses pengguna jasa (pemilik barang, pelayaran dan forwarder) pada transparansi layanan jasa kepelabuhanan. Portal e-Service juga meliputi sistem layanan dokumen dan billing untuk penerimaan dan pengeluaran peti kemas fasilitas terminal peti kemas yang dioperasiian IPC TPK," ucap Heru.  

Portal e-Service, imbuh Heru, dapat diakses secara aman oleh pelanggan IPC sehingga memudahkan dalam bertransaksi. Implementasi dan pengembangan layanan e-Service peti kemas, sejalan dengan program digitalisasi pelabuhan yang dilakukan oleh PT Pelindo II/IPC.               

 "Dengan e-service pada pengelolaan terminal maka pengguna jasa/customer tidak perlu lagi datang kepelabuhan sangat mengajukan kegiatan receiving maupun delivery (R/D) peti kemas hingga penerbitan billing layanan secara keseluruhan. Pihak perbankan juga sudah mensupport layanan ini. Adapun fitur layanan portal e-Service tersebut meliputi; e-Registration, e-Booking, e-Trackinf, e-Payment, e-Billing dan e-Care," ujar Heru. (dade)

Post a Comment

0 Comments