Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komunitas Relawan Bersihkan Sampah Di Sungai Cisadane

Anggota Komunitas Relawan Giat Cisadane 
(Regaci) saat siap-siap bersihkan sampah. 
(Foto:Istimewa) 



NET - Belasan Prajurit Yonif 315/Grd bersiap untuk melaksanakan Bhakti Sosial pembersihan Sungai Cisadane. Kegiatan Bhakti Sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Milad ke I Komunitas Relawan Giat Cisadane (Regaci) pada Sabtu (2/2/2019), di Gang Bengkong RT 5 RW X Gunung Batu, Kota Bogor. 

Dalam Milad ke I Komunitas Relawan Giat Cisadane (Regaci) diisi dengan kegiatan Bhakti Sosial Khitanan Massal dan pembersihan Sungai Cisadane. Regaci sendiri adalah sebuah komunitas masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan kebersihan sungai Cisadane, diketuai oleh Budi Abdul Majid. 

Komunitas ini banyak berkiprah dalam kegiatan membersihkan Sungai Cisadane dari sampah plastik dan non organik lainnya. Ada 60 anak yang telah terdaftar akan mendapatkan proses khitanan secara gratis. 

Hadir dalam Milad ini Camat Bogor Barat, Pupung W. Purnama, Kapolsek Bogor Barat Kompol Sundari, Pasi Intel Yonif 315/Grd Lettu Inf Andika Fitriadi, Lurah Gunung Batu, Supyawan, Ketua Regaci, Budi Abdul Majid, Ketua RW, Ketua RT, Babinsa, Babinkamtinmas dan masyarakat pecinta lingkungan lainnya.

Camat Bogor Barat Pupung W. Purnama yang datang mewakili Walikota Bogor menyampaikan ucapan selamat Milad yang pertama bagi Regaci semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh Regaci ini membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Bogor Barat secara khususnya.

Camat Bogor Barat mengatakan mari bersama-sama membersihkan Sungai Cisadane dari sampah. "Dengan membersihkan sampah di Sungai Cisadane akan mengurangi pencemaran yang ada di Sungai Cisadane serta menjaga kelestarian Sungai Cisadane," Pupung.

Semoga dengan kegiatan dengan ini, kata Pupung, kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat, khususnya dalam menjaga sungai sebagai sumber air bagi masyarakat.

Sementara itu, Budi Abdul Majid selaku Ketua Regaci menyampaikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir dalam acara ini dan turut berpartisipasi  membantu terselenggaranya acara tersebut. 
"Ucapan terima kasih khusus disampaikan kepada Yonif 315/Grd atas partisipasinya menerjunkan belasan prajuritnya dan menurunkan dua armada truknya guna kelancaran acara Bhakti Sosial ini. Kegiatan yang diawali dengan pelaksanaan khitanan dilanjutkan dengan pembersihan Sungai Cisadane," kata Abdul. 

Dengan menggunakan perahu karet sejumlah relawan menyusuri dan memungut sampah yang berserakan dan tersangkut di bantaran Sungai Cisadane. Bebenah Cisadane yang diikuti puluhan relawan dari berbagai komunitas dan organisasi pecinta lingkungan ini berupaya mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah di sungai. 

"Tak sampai tiga jam, kegiatan ini mampu mengumpulkan sampah anorganik sebanyak belasan karung," ujarnya.

Danyon 315/Grd Letkol Inf Thomas Rajunio, B.S melalui sambungan telepon secara terpisah mengatakan Yonif 315/Grd akan selalu mensupport dan bekerjasama dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Pemkot Bogor ataupun komunitas pecinta lingkungan lainnya. 

"Kami akan selalu siap untuk membersihkan Sungai Cisadane, apalagi Cisadane adalah salah satu urat nadi masyarakat dalam penyediaan air bersih. Secara bertahap mari bersama sama kita bersihkan Cisadane dari sampah.”

“Yonif 315/Grd akan selalu bekerja sama dengan Pemkot Bogor dan elemen masyarakat lainnya berusaha untuk mewujudkan Sungai Cisadane yang bebas sampah  guna mendukung ketersediaan air bersih untuk masyarakat," ucap Thomas.  

Hal ini merupakan wujud dari aktualisasi 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori  usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Sektor bebersih hari ini yang dimulai dari Jembatan Sarijan menyusuri bantaran Sungai Cisadane sampai dengan Jembatan Loji sejauh kurang lebih 4,5 kilometer. (dade)

Post a Comment

0 Comments