Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Denpom Serang Siap Bantu Pemprov Bangun Hunian Bencana

Wagub Banten Andika Hazrumy 
menerima cindera mata dari Dandenpom 
Mayor CPM Rukhwan Hadi. 
(Foto: Istimewa)

NET - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy menerima audiensi dari Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) III/4 Serang Mayor CPM Rukhwan Hadi beserta rombongan di ruang transit Wakil Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (24/01/2019). 

Audiensi bersama Dandenpom III/4 Serang tersebut dalam rangka membahas sejumlah program pelestarian alam dan ketertiban masyarakat Banten usai terjadinya bencana tsunami Selat Sunda dan menjelang Pemilu 2019.

Wagub Banten menyampaikan apresiasi atas peran serta Denpom III/4 Serang dalam mengawal program Pemerintah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya adalah melalui program penanaman sejuta pohon. 

Menurut Andika, Banten mampu menjadi solusi jangka panjang dalam rangka antisipasi dampak bencana yang lebih luas.

“Saya sangat apresiasi dan mendukung penuh, khususnya penanaman pohon di sepanjang kawasan pantai. Karena pohon berfungsi sebagai pemecah ombak. Saya sudah tugaskan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan-red) untuk pembagian bibit. BNPB (Badan Nasional Penanggulanan Bencana-red) juga mau tanam. Jadi nanti kalau bisa serentak, kita tanam bibit pohon di jalur pantai,” tutur Wagub Banten.

Menurut Wagub, khasiat pohon untuk mengantisipasi dampak bencana di wilayah pantai memang baru akan terasa sekitar 10 tahun mendatang. Namun, manfaat lain dari pohon-pohon tersebut bagi pelestarian lingkungan juga cukup penting.

“Erupsi Gunung Anak Krakatau biasanya enam tahun sekali. Tapi kemarin terjadi setelah 10 tahun. Erupsi ini rutinitas dari gunung berapi. Jadi antisipasinya juga harus disiapkan dari segala sisi dan sejak dini,” tegas Wakil Gubernur.

Saat ini, kata Wagub, Pemprov Banten tengah menangani proses pembangunan hunian tetap bagi para korban bencana tsunami yang kehilangan tempat tinggalnya. Sudah tercatat sekitar 1.400 rumah yang akan dibangun mulai dari Kecamatan Cinangka hingga Ujung Jaya.

Oleh karenanya, Wagub meminta Denpom III/4 Serang agar dapat berperan dan membantu dalam pembangunan hunian tersebut.

“Saat ini kan masuk pada fase mitigasi bencana, yakni pemulihan pariwisata. Untuk hunian tetap ini harus dibangun. Tidak boleh berada di zona merah, tapi juga jangan terlalu jauh. Khawatir masyarakat akan kesulitan dalam mata pencahariannya,” jelasnya.

Sementara, Dandempom III/4 Serang Mayor Cpm Rukhwan Hadi menyatakan kesiapannya membantu Pemerintah dalam penanganan pasca bencana sekaligus pengamanan Pemilu 2019. Pihaknya juga menyambut baik antusiasme dan komitmen Pemprov Banten dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman sejuta pohon. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments