Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kapolri: Perubahan Tipe A Polda Banten Harus Dirasakan Masyarakat Manfaatnya

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (duduk)
Gubernur Banten H. Wahidin Halim, Ketua
DPRD Asep Rahmatullah, KH Abuya Muhtadi.
(Foto: Istimewa) 


NET -  Perubahan tipelogi Polda Banten merupakan acara monumental dan penting, bukan hanya bagi Polda Banten tapi juga bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Banten. Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian mengatakan hal  itu di Lapangan Polda Banten Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani Nomor 76, Kota Serang, Kamis (6/12/2018).

Kapolri menjelaskan bahwa perjalanan Polda Banten cukup unik dan panjang.  Sebelumnya, Polda Banten hanya merupakan satu keresidenan berupa Kepolisian Wilayah (Polwil) dibawah Polda Jawa Barat. Kemudian setelah Banten berkembang menjadi provinsi, tipologinya naik menjadi Polda tipe C yang dipimpin oleh seorang Komisaris Besar (Kombes) Polisi, yang pada saat itu dirinya menjabat Kapolres Serang dengat pangkat Kombes pada 2005. 

Kemudian dalam perjalanan Polda Banten dari tipe C, kata Kapolri, mengalami perubahan ke tipe B dan naik kembali pada tahun ini menjadi tipe A.

“Sekarang tinggal tunggu Kapolda Banten naik pangkat menjadi Inspektur Jendral (Irjen) Polisi atau bintang dua dulu, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sepenuhnya diserahkan kepada Polda Banten,” tutur Tito.

Kapolri menjelaskan ada tim dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI dan Markas Besar (Mabes) Polri yang melakukan pengkajian perkembangan Provinsi Banten yang luar biasa. Dengan jumlah penduduk sekitar 12 juta jiwa serta pembangunan infrastruktur, industri, pariwisata yang sangat pesat. Maka tim memutuskan menaikan tipe Polda Banten menjadi tipe A.

Dengan kenaikan tipe ini, kata Kapolri, harus ditindaklanjuti oleh Polda dan Mabes bersama-sama untuk melakukan penguatan personil, organisasi, dan struktur Polda Banten hingga betul-betul layak menjadi Polda dengan tipe A.

“Jangan sampai Poldanya tipe A tapi personil, organisasi, dan struktur masih tipe B, ada kisi-kisi yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, kita follow up bersama. Saya minta Kapolda dan jajarannya bekerjasama dengan Mabes Polri, terutama dengan para asisten dari Mabes Polri, saya tugaskan melakukan penguatan baik organisasi maupun sarana dan prasaran, personil, keuangan dan lain-lain hingga betul-betul  layak menjadi Polda tipe A,”tutur Tito

Dalam kajian ini, imbuh Tito, bersifat sangat terbuka dan harus diketahui tokoh masyarakat, aspirasi masyarakat termasuk Gubernur dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dalam rangka mewujudkan Polda ini menjadi Polda tipe A sepenuhnya.

“Saya tidak ingin kenaikan tipe Polda ini sekadar menyenangkan para pejabat, para anggota saja. Tapi dirasakan juga oleh segenap masyarakat Banten, serta harus ada perubahan kenaikan kualitas dalam pelayanan masyarakat harus lebih baik hingga kodusifitas Banten yang tetap terjaga saat ini,” tegas Tito.

Tito mengingatkan jajaran Polda Banten agar bekerja keras untuk membangun kerjasama yang lebih baik lagi dengan Pemprov, DPRD Banten, TNI dan segenap steakholder serta mitra-mitranya. (pur)

Post a Comment

0 Comments