Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur: MTQ Pelajar Tumbuhkan Generasi Qur'ani Di Banten

Pj Sekda Banten Ino S.Rawita.
(Foto: Istimewa)


NET - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten Ino S. Rawita membuka  Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat SLTA cabang Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) dan Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ), se-Provinsi Banten 2018, di Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, Curug, Kota Serang, Senin, (10/12/2018). 

Gubernur Banten H. Wahidin Halim melalui Pj Sekda menyatakan
kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat pemuda dan pemudi di Banten khususnya kalangan pelajar agar lebih mencintai Al-Qur'an dan menciptakan generasi qur'ani muda di Banten. 

Gelar MTQ ini memperebutkan Piala Gubernur Banten Wahidin Halim, dengan tema "Menggali Potensi, Minat dan Bakat menuju generasi yang Unggul, Cerdas dan Berakhlakul Karimah”. Kegiatan selama dua hari, pada 10sampai dengan 12 Desember 2018. Pihak penyelenggara adalah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Banten. 

Gubernur Banten memberikan apresiasi kepada seluruh elemen dan jajaran LPTQ Provinsi Banten yang telah mengagas kegiatan ini. Perlombaan ini bertujuan untuk mengacu dan meningkatkan gairah pemuda, pemudi remaja terutama pelajar untuk mengkaji, mempelajari sekaligus mangamalkan isi kandungan Al-qur’an sebagai pegangan hidup yang hakiki dan sebagai kepribadian kita. 

Menurut Gubernur, musabaqoh ini harusnya tidak hanya sekadar mempertontonkan kegiatan seremonial, ekslusifitas semata atau mengugurkan suatu kewajiban dari program kegiatan LPTQ. Namun harus membawa hikmah tersendiri dengan kecintaan pelajar dalam membumikan, mengamalkan dan mengagungkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari sehingga ada kontribusi, integritas dan kolaborasi antara manusia dengan Allah SWT maupun alam semesta.


Ketua LPTQ yang sekaligus Ketua Pelaksana MTQ Shibly Sarjaya melaporkan berdasarkan surat keputusan Gubernur Banten Nomor 451.1.05/Kep/VIII-Huk/2017 tentang Pembentukan Kepengurusan LPTQ Provinsi Banten periode 2017-2022 dan sesuai hasil Rakerda LPTQ Provinsi Banten tahun 2016 dan program kerja LPTQ tahun 2018, tujuan dari kegiatan ini; 1) Mendorong siswa SLTA se-Provinsi Banten untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-qur’an agar mereka dapat berinteraksi dengan Alqur’an menuju masyarakat Banten yang berakhlakul karimah. 2) Berupaya mencetak kader-kader qur’ani dilingkungan pelajar SLTA se-Provinsi Banten. 3) Media dan Sarana meningkatkan ukhuwah serta silahturahim diantara para siswa SLTA se-Provinsi Banten. 4) mencari bibit-bibit muda sebagai generasi penerus guna menyongsong MTQ baik tingkat provinsi maupun nasional.

"MTQ pelajar kali ini hanya melombakan dua cabang yakni Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) dengan peserta 54 grup putra-putri sedangkan Musabaqoh Syahril Qur’an (MSQ) peserta 48 grup putra-putri. Dengan rincian untuk juara mendapatkan Piala Gubernur dan Wakil Gubernur, uang pembinaan juara I Rp 15 juta, juara II Rp 12 juta, juara III Rp 9 juta, ” jelas Shibly. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments