Gubernur Raih Penghargaan Kepala Daerah Pembina Inovator Tenknologi

Baca Juga

Enong Suhaeti saat menerima penghargaan. 
(Foto: Istimewa) 

NET - Pekan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tahun 2018 di Bali, Provinsi Banten kembali menunjukkan prestasinya. Provinsi Banten dinobatkan sebagai Juara I Lomba Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) 2018 tingkat nasional dan Juara Harapan I Lomba Inovasi Tingkat Nasional.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Gubernur Banten H. Wahidin Halim sebagai kepala daerah yang melakukan pembinaan terhadap Inovator Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Berprestasi, Sabtu, (20/10/2018) di Denpasat, Bali.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Enong Suhaeti mengatakan piagam Juara I diserahkan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Kementrian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid,  dalam acara Rakornis dan Lokakarya Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Bali.

Enong menjelaskan Pemprov Banten mengirimkan Posyantek Al-Ikhlas, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon dalam lomba tingkat nasional tersebut. Posyantek Al-Iklas merupakan Juara I Lomba Posyantek Tingkat Provinsi Banten. “Alhamdulillah, bisa jadi Juara I,” kata Enong Suhaeti.

Selain itu, tambah Enong, Provinsi Banten juga mendapatkan Juara Harapan I Lomba Inovasi Tingkat Nasional.  Alat yang adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan arah mata angin (PLTS). Alat ini ditemukan oleh Ofani dan Mustakim dari Kabupatn Serang. Dan, pada Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2018 tersebut, Provinsi Banten juga mendapatkan Juara Harapan I Lomba Stand TTG terbaik.

“Pada Pekan Inovasi Teknologi Tepat Guna Tahun 2018, Banten meraih 4 (empat) penghargaan dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia,” tutur Enong.

Hal tentu, kata Enong, prestasi tersebut berkat dukungan penuh Gubernur Banten H. Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy, serta berkat keras semua pihak, terutama tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten dan kabupaten dan kota se-Provinsi Banten.

Pemberian penghargaan Juara Posyantek Tingkat Nasional diberikan dalam rangkaian kegiatan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna di Bali. Kegiatan tersebut, dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Bali 19 Oktober 2018. Saat itu, dari Provinsi Banten hadir Wakil Gubernur Banten, H. Andika Hazrumy, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten, Hj. Enong Suhaeti, bupati dan walikota se-Provinsi Banten, dan para kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa se-Provinsi Banten. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments