Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

World Bank Apresiasi WH, Pengelolaan Keuangan Di Provinsi Banten

Ketua Bappeda Provinsi Banten Muhtarom
(baju putih lengan panjang) saat menerima
kunjungan Tim World Bank yang dipimpin
oleh Kathleen Whimp (Lead Public Sector
Management Specialist).
(Foto: Istimewa)



NET - Tim World Bank (Bank Dunia) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten dalam rangka melakukan pemantauan sistem pengelolaan keuangan di Provinsi Banten.

Kunjungan Tim World Bank disambut oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten Muhtarom di Kantor Bappeda, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten, Jalan Syech Nawawi Albantani, Curug, Kota Serang, Rabu, (26/09/2018).

“World Bank mengaku sangat mengapresiasi terhadap kinerja kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim yang telah mampu menerapkan sistem perencanaan, penganggaran, penatausahaan keuangan, dan pelaporan yang terintegrasi dengan menggunakan 1 (satu) database untuk semua tahapan, melalui aplikasi SIMRAL,” ujar Muhtarom seusai pertemuan tersebut.

Muhtarom menjelaskan World Bank menyebutkan Aplikasi SIMRAL (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan) yang telah diterapkan oleh Pemprov Banten sudah tepat, efektif, dan efisien.

Selain itu, kata Muhtarom,  World Bank  mengharapkan agar aplikasi SIMRAL yang diterapkan di Provinsi Banten dapat digunakan untuk pengelolaan keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Indonesia. Selain itu, Aplikasi SIMRAL ini juga bisa diterapkan oleh kementerian atau lembaga agar sistem pelaporannya terintegrasi baik.

Selama kunjungannya ke beberapa daerah di Indonesia, kata Muhtarom, baru Provinsi Banten yang mampu menata pengelolaan keuangannya dengan sistem aplikasi SIMRAL yang terstruktur dan terintegrasi.

World Bank akan menyampaikan kepada Pemerintah pusat agar dapat menerapkan sistem pentaan keuangan seperti yang telah diterapkan di Provinsi Banten yang dianggap best practice penerapannya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments