Visitasi Asesor, Kepala Sekolah Berharap Akreditasi A

Baca Juga

Munggawa dan Ny. Misdayati (asesor) 
dan Kepala SDN Jurumudi 3 Suhadi 
(berdiri) saat memberikan sambutan. 
(Foto: Istimewa) 

NET – Tiba-tiba saja para guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jurumudi 3, di Jalan Halim Perdana Kusuma No. 2, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, menjadi sibuk. Mereka kedatangan tamu  yakni asesor: Ny. Misdayati dan Munggawa.

Kedua asesor asal Kota Tangerang Selatan tersebut melakukan visitasi untuk pemeriksaan administrative SDN Jurumudi 3. Proses pemeriksaan administrasi dilakukan di ruangan guru. Ny. Misdayati saat melakukan pemeriksaan administrasi dilayani sejumlah guru dan begitu dilakukan oleh Munggawa.

Kepala SDN Jurumudi 3 Suhadi mengatakan merasa senang adanya visitasi yang dilakukan oleh asesor atas penugasan Badan Akreditasi Nasional BAN Sekolah dan Madrasah (BAN SM) Provinsi Banten. “Alhamdulillah asesor datang untuk melakukan tugasnya,” ujar Suhadi kepada wartawan, Jumat (7/9/2018).

Atas kunjungan asesor tersebut, Suhadi berharap akan mendapat penilaian dan predikat akreditasi pun bisa tercapai. “Sebagai kepala sekolah tentu berharap mendapat akreditasi A,” tutur Suhadi sembari tersenyum.

Kegiatan visitasi oleh asesor pun berlangsung di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 di Jalan Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang. Asesor yang menjalankan tugas visitasi yakni Bahruddin dan Yusup Sunandar yang berasal dari Kabupaten Tangerang.

“Tugas visitasi seperti ini sudah sering saya lakukan. Untuk sementara ini, semua berjalan lancar. Apalagi data yang disampaikan melalui online dengan pemeriksaan sekarang masih cocok,” ucap Bahruddin.

Menurut Bahruddin, sekolah yang dikelola oleh Muhammadiyah relative baik karena sudah berpengalaman. “Sekolah yang didirikan Muhammadiyah hampir setiap pelosok ada,” tutur Bahruddin.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 3 Zulpikor mengaku senang mendapat kunjungan dari asesor. “Semoga visitasi kali bisa meningkatkan akreditasi SMA Muhammadiya 3 dari B menjadi A,” ucap Zulpikor berharap.

Kegiatan visitasi yang berlangsung di sejumlah sekolah di Kota Tangerang tersebut mendapat perhatian dari anggota BAN SM Provinsi Banten Baehaqi. “Saya sengaja melakukan monitoring kegiatan visitasi yang dilakukan oleh asesor. Sejauhmana proses visitasi yang dilakukan oleh asesor dan saya bisa menyaksikan secara langsung. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Baehaqi.

Baehaqi menjelaskan visitasi yang dilaksanakan di Kota Tangerang berlangsung pada semua tingkatan yakni mulai tingkat SD sampai SMA. Begitu pula yang dibawa naungan Kementerian Agama mulai dari Madrasah Ibtidaiyah sampai Aliyah. Kegiatan visitasi tahap petama berlangsung sejak akhir Agustus sampai minggu pertama September 2018.

“Hasil kerja asesor akan dilaporkan ke BAN SM Provinsi Banten. Kemudian 15 anggota BAN SM Provinsi Banten membahas dalam rapat pleno untuk memberikan penilai apakah sekolah mendapat akreditasi atau tidak,” ungkap Baehaqi. (ril)

Post a Comment

0 Comments