Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tiga Ribu Orang Meriahkan Hari Perhubungan Nasional

Perseta gerak jalan Hrhubnas di pintu gerban 
Museum Negeri Banten: membangun koneksitas. 
(Foto: Istimewa) 



NET - Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2018, dilaksanakan dengan menyelenggarakan senam bersama dan gerak jalan sehat yang dihadiri sekitar 3 ribu orang. Peserta tersebut berasal dari unsur Aparatur Sipil Negera (ASN) Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, stakeholder perhubungan, pelajar, mahasiswa, dan masyatakat.

Kegiatan dilaksanakan dengan senam bersama di Halaman Museum Negeri Banten, Jalan Brigjen KH Samun No. 5, Kotabaru, Kecamtan Serang, Kota Serang, Minggu (16/9/2018). Selanjutnya melaksanakan Gerak Jalan Sehat mengitari Kota Serang. 

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Enong Suhaeti, Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Tri Julianto Jatiutomo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Murtopo, dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang Dadan Tafif Danial.

Gubernur Banten H. Wahidin Halim dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Enong Suhaeti, mengatakan peringatan Harhubnas kali ini harus dimaknai sebagai momentum yang tepat untuk menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya menyambut baik tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2018 ini yaitu ‘Guyub Rukun Bangaun Bangsa’  untuk merefresentasikan  bagaimana seluruh elemen sektor perhubungan baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun swasta dan masyarakat bersama-sama guyub rukun bersinergi membangun konektivitas. Hal ini guna mewujudkan transparansi yang handal dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di Indonesia,” ucap Gubernur.

Dengan melaksanakan guyub bangun bangsa tersebut, kata Gubernur, secara konsisten akan dengan mudah mewujudkan semboyan perhubungan yaitu “Wahana Manghayu Warga Pertiwi”. Artinya Perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara. Guna menciptakan perhubungan yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat memerlukan dukungan setiap komponen masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan peringatan Harhubnas 2018, Dinas Perhubungan Provinsi Banten mengagendakan rangkaian kegiatan  perlombaan dan pertandingan di bidang olahraga meliputi pertandingan futsal, volley ball, jalan sehat serta bakti sosial. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan jiwa korsa dan sportivitas dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan didigelarnya kegiatan tersebut dapat menjadi wahana untuk meningkatkan kesehatan serta memperkokoh rasa persatuan dan kekeluargaan insan perhubungan maupun masyarakat,” ujar Tri Nurtopo.

Dishub berupaya setiap tahunnya untuk mengadakan kegiatan agar adanya hubungan baik dengan masyarakat, sehingga hubungan terkait dengan pengaturan lalu lintas, perhubungan bisa komunikasi dengan masyarakat.

“Apresiasi kami terhadap partisipasi masyarakat ikut melaksakan kegiatan jalan sehat.  Target dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah tercipta sebuah tatanan pengaturan lalu lintas untuk kesejahteraan masyarakat, yang didukung seluruh komponen masyarakat. Kita mengatur bukan untuk membatasi tetapi untuk memanage atau mengelola masyarakat sehingga semuannya akan lebih baik,” tutur Tri Nurtopo.

Pada kesempatan itu, Dirlantas Polda Banten Kombes Polisi Tri Julianto menjelaskan saat ini di Banten terjadi sekitar 2 kasus kecelakaan lalu lintas per hari. Guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas tersebut, bersama-sama dengan dinas perhubungan menjalin koordinasi dan meningkatkan kinerja untuk menciptakan dan mewujudkan kesadaran ketertiban berlalu-lintas. 

Tri Julianto berharap peringatan Harhubnas ini bisa menjadi sarana meningkatkan koordinasi antar instansi dan menggugah kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu-lintas sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain menyelenggarakan senam dan jalan sehat, dalam peringatan Harhubnas tahun ini, Pemerintah  Provinsi  (Pemprov) Banten menyelengarakan aneka lomba olah raga, seperti pertandingan futsal, bola voli dan lain-lain, yang diikuti oleh insan-insan perhubungan kabupaten/kota se-Provinsi Banten. 

Sementara kegiatan puncaknya adalah senam pagi dan jalan sehat bersama. Dalam rangka memeriahkan acara puncak tersebut, panitia menyediakan sejumlah doorprize dan mendatangkan artis Ibukota Ega KDI. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments