Pendidikan Gratis Banten, Solusi Bagi Warga Atasi Putus Sekolah

Baca Juga

Komite Sekolah, orangtua murid, dan guru 
saat mengikuti sosilisasi Pergub No. 31/2018.
(Foto: Istimewa) 


NET - Program Pendidikan Gratis yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Pergub No. 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis SMAN/SMKN/SKHN diterima baik oleh pihak sekolah, komite, dan orangtua serta siswa.

Hal itu diungkapkan oleh Uung Umaryadi, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cilograng, Kabupaten Lebak, kepada wartawan usai menggelar Sosialisasi Pergub Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis di Aula SMAN 1 Cilograng, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Umaryadi menyebutkan semua komponen SMAN 1 Cilograng sangat mendukung apa yang menjadi program Gubernur Banten tentang Pendidikan Gratis untuk SMAN/SMKN/SKHN yang sudah tertuang dalam Pergub tersebut.

"Kami atas nama pihak sekolah (SMAN 1 Cilograng-red) mendukung atas terealisasinya program pendidikan gratis yang merupakan gagasan Pemerintah Provinsi Banten. Dalam sosialisasi Pergub, masyarakat sangat antusias dengan program yang pro rakyat ini, dan bisa diterima baik oleh kalangan masyarakat," ungkap Uung Umaryadi, Kamis (6/9/2018).

Uung Umarydi menjelaskan program pendidikan gratis tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Dengan Pergub ini, masyarakat menengah ke bawah mulai dari petani, nelayan, buruh, tenaga honorer dapat menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah menengah atas dengan gratis. Ini sangat membantu mengurani beban mereka yang selama ini harus ditanggung," jelasnya.

Uung Umaryadi merinci dampak positif dalam Pergub Pendidikan Gratis tersebut.  Mulai banyak anak yang tadinya putus sekolah alias menganggur setelah keluar dari SMP (Sekolah Menengah Pertama) bisa melanjutkan ke SMA (Sekolah Menengah Atas). Hal ini terbukti bertambahnya jumlah siswa tahun ajaran 2018/2019 secara signifikan. Hal tersebut juga tetap meningkatkan kesejahteraan guru dan kualitas pelayanan terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan semakin terpenuhi.

Hal lain juga disampaikan oleh Wakil Kepala SMAN 1 Cilograng, Rahmat Haidir.

"Program Pendidikan Gratis gagasan Pemerintah Provinsi Banten luar biasa dan sangat monumental dalam dunia pendidikan. Tentunya sangat cocok gagasan ini direalisasikan di tengah-tengah masyarakat Banten yang masih banyak membutuhkan sentuhan program pro-rakyat seperti ini," ucap Rahmat Haidir.

Di tempat yang sama, Ketua Komite SMAN 1 Cilograng Sumarja mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Banten - Wahidin Halim dan Andika Hazrumy atas program pendidikan gratis.

"Kami atas nama oangtua siswa SMAN 1 Cilograng sangat berterima kasih kepada pak Gubernur dan Wakil Gubernur serta jajarannya atas digulirkannya Pergub 31 tahun 2018, sehingga banyak masyarakat yang terbantu untuk melanjutkan sekolah ke SMA," ucapnya.

Sementara itu, Erik Hidayat, siswa kelas X IPS 3 SMAN 1 Cilograng juga menuturkan ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

"Saya yang sudah putus sekolah sampai SMP beberapa tahun lalu, akhirnya bisa melanjutkan sekolah ke SMA dengan adanya pendidikan gratis ini. Terima kasih kepada Bapak Wahidin Halim dan Pak Andika sehingga harapan saya untuk menimba ilmu bisa dilanjutkan," tutur Erik Hidayat. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments