Kawasan Masjid Al Azhom Bersih, Jelang Kedatangan UAS

Baca Juga

Panggung tempat UAS menyampaikan ceramah.
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com) 



NET – Sehari menjelang kedatangan penceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) ke Kota Tangerang, kawasan Masjid Al Azhom dan Pusat Pemerintah Kota Tangerang di Jalan Satria Sudirman, dirapikan dari berbabagi pedagang kaki lima.

Di Masjid Al Azhom tempat UAS akan menyampaikan ceramah, sedang dibangun panggung setinggi 1,40 meter dengan panjang 6 meter dan lebar 3 meter. Posisi panggung  persis di depan pintu utama Masjid Al Azhom yang dilapisi karpet merah.

“Silakan Bapak coba naik ke atas. Di tempat tersebut nanti Bapak Ustadz Abdul Somad akan menyampaikan pidato dan caremahnya,” ujar Kadir, petugas yang membangun panggung tersebut kepada TangerangNet.Com, Kamis (27/9/2018).

Di luar halaman Masjid Al Azhom, di pinggiran Jalan Satria Sudirman yang biasanya banyak pedagang kaki lima mulai dari minuman, bakso, ketoprak, rokok sampai pedagang bubur, telah hilang. “Pedagang kaki lima memang ditertibkan dari kawasan Masjid Al Azhom agar daya tampung pengunjung semakin banyak,” tutur Ustadz Chaerudin, dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Azhom.

Ustadz Chaerudin menjelaskan kedatangan UAS untuk berceramah adalah mengisi Festival Al Azhom sekaligus menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah. Tugas DKM Al Azhom hanya memfasilitasi sedangkan panitianya adalah BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) dan Pemerintah Kota Tangerang.

 Selain pedagang kaki lima, ikut pula dirapikan yakni got atau parit yang ada di seputar Masjid Al Azhom dan Pusat Pemerintah Kota Tangerang. “Saya dapat perintah untuk menutup bagian atas got. Penutupnya menggunakan papan dan triplek. Sedangkan got berukuran lebar 60 centimeter dengan beton pra-cetak,” tutur Taufik, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR).

Kalau got dalam keadaan tertutup, kata Taufik, pengunjung yang padat saat menyaksikan UAS dapat berdiri di atasnya. “Saya hanya menjalankan perintah untuk menutup bagian atas got,” ucap Taufik.

Guna mengantisipasi jumlah pengunjung datang dari berbagai daerah sehingga tikda bisa semuanya mendekat, pantia membangun pula lima layar lebar. “Ada lima layar lebar yang akan dipasang. Warga dapat menyaksikan dari layar lebar, bila tidak bisa melihat secara dekat Pak Ustadz Abdul Somad,” ujar Ustadz Caherudin seraya menambahkan acara akan dilangsungkan Jumat (28/9/2018) seusai sholat Isya atau pukul 20:00 WIB.

Kelima layar lebar tersebut dipasang di depan halaman Masjid Al Alzhom sebelah Barat, di depan kantor Pusat Pemerintah Kota Tangerang, dekat Lembaga Pemasyarakatan Anak, di halaman kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, dan dekat kantor Dinas Perijinan.

Sementara untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan dapat daya tampung lebih banyak,  Dinas Perhubungan mengimbau agar warga tidak membawa kendaraan. Oleh karena semua kendaraaan dilarang masuk kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang dan Masjid Al Azhom.

“Ini semua, kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada warga saat menyaksikan Pak Ustadz Abdul Somad menyampaikan ceramahnya,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Saeful Rohman. (ril)  

Post a Comment

0 Comments