Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Guna Sehatkan Bank Banten, Gubernur Temui Dirut BRI

Dirut BRI Suprajarto dan Gubernur Banten H.Wahidin Halim. 
(Foto: Istimewa)   

NET - Gubernur Banten H. Wahidin Halim melakukan kunjungan dan pertemuan dengan Direktur Utama PT Bank rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di Gedung BRI 1 Jalan Jendral Sudirman Kav 44-46 Semanggi,  Jakarta.

“Dalam pertemuan tersebut lebih banyak membahas persoalan seputar Bank Banten. Selain persoalan Bank Banten, Pak Wahidin sebagai Gubernur Banten juga membahas tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) Provinsi Banten dengan BRI yang selama ini telah disepakati bersama,” ujar Kepala Bidang Aplikasi Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Bantgen H Amal Herawan kepada wartawan, Minggu (12/8/2018) .

Gubernur menyebutkan persoalan Bank Banten sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang saat ini banyak mendapat sorotan dari sejumlah pihak, karena keberadaan BPD dinilai harus dapat menjadi instrumen bagi peningkatan pembangunan ekonomi di daerah.  Salah satu indikasinya adalah tingginya penempatan dana BPD dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yg pada umumnya berasal dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan dana Pemda (APBD) tersebut sebagian merupakan dari alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Selanjutnya, Gubernur menyatakan jika Bank Banten  memiliki relasi yang tidak dapat dipisahkan dengan perekonomian daerah, selain menjalankan kegiatan bank umum, Bank Banten juga berfungsi sebagai kasir Pemda, seperti dana realisasi APBD, karena sebagian besar merupakan dana milik pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Dan saat ini, kata Gubernur, Bank Banten perlu modal dan tambahan dana sementara dana APBD yang ada harus tetap dapat menjalankan urusan wajib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang selama ini diprioritaskan, seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta program pembangunan lainnya. 

Amal Herawan mengatakan pertemuan dengan Dirut BRI pada Jumat (11/8/2018) itu adalah salah satu upaya Gubernur Banten dalam menyehatkan Bank Banten. Sebelumnya, Pemprov Banten juga telah mengirimkan surat untuk meminta pendapat dan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait hal ini. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments