Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Banten Siap Sambut Pawai Obor Asian Games 2018

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menerima Obor  di Bandar Lampung. 
(Foto: Istimewa)  

NET - Provinsi Banten mendapatkan bagian kunjungan dari Torch Relay atau Pawai Obor karena menjadi daerah venue untuk cabang olahraga Penthatlon pada Asian Games 2018. Pawai Obor ini akan berlangsung Kamis (9/8/2018).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap menyambut rombongan pembawa obor Asian Games 2018 dengan persiapkan sejumlah acara. Momentum ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Banten, baik itu destinasi, kuliner ataupun sejarah, terlebih Banten memiliki branding 7 Wonders Of Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Rabu (8/8/2018) mengungkapkan rencananya kedatangan rombongan dari Pulau Sumatra di Dermaga 2 Pelabuhan Merak pada 9 Agustus 2018 pukul 10.30 WIB, disambut dengan tarian selamat datang khas Banten. Selain itu, beberapa kesenian khas daerah lain dari kabupaten dan kota di Banten yang dilintasi juga akan ikut menyemarakan kegiatan Pawai Obor tersebut.

“Karena ini momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi daerah dimulai dari identitasnya, termasuk budaya dan seni yang dimiliki,” tutur Eneng.

Eneng juga menjelaskan bahwa selain mempromosikan seni dan budaya khas Banten, Pawai Obor inipun sekaligus dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan sejarah Banten kepada seluruh peserta yang ikut serta serta masyarakat yang turut menyaksikan Torch Relay.

“Karena ada beberapa titik pemberhentian atau perlintasan yang memang merupakan destinasi wisata. Misalnya, Danau Tasikardi, lalu melintasi Surosowan Banten dan tentu saja Museum Banten. Untuk itu, kami berharap masyarakat Banten tidak melewatkan kesempatan ini agar lebih mengenal daerahnya,” tutur Eneng.

Sementara, Kepala Bidang Aplikasi, Informasi dan Komunikasi Publik (AIKP) pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Amal Herawan Budhi menjelaskan rute Perjalanan Torch Relay Asian Games 2018 akan dimulai dari Pelabuhan Merak hingga Museum Negeri Banten pada Kamis (9/8/2018) pukul 17:33 hingga pukul 21:50 WIB.

Terdapat 5 (lima) titik, kata Amal, seremoni beserta pihak yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan ini di antaranya pertama titik Pelabuhan Merak menuju Landmark Kota Cilegon. Kedua yakni titik Rumah Dinas Walikota Cilegon hingga Perumahan Citra Garden BMW. Ketiga yakni titik perumahan BMW menuju Danau Tasikardi.  Keempat yakni titik Danau Tasikardi menuju Stadion Maulana Yusuf dan terakhir titik Stadion Maulana Yusuf menuju Museum Banten.

Acara serah terima Obor Asian Games 2018 dari Gubernur atas nama Pemprov Banten kepada tim Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) untuk dibawa ke Jawa Barat, akan berlangsung pada Kamis malam di Museum Negeri Banten, Jalan Brigjen KH Sjamun, Nomor 5 Kota Serang.

“Setelah bermalam di Museum Negeri Banten, keesokan harinya Torch Relay akan berlanjut menuju Jawa Barat,”jelas Amal.

Amal menjelaskan kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 yang berlangsung melewati Provinsi Banten akan didukung oleh sejumlah pihak di antaranya Forkominda P
rovinsi Banten, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Purna Paskibra Indonesia (PPI) Banten, Kwartir Daerah (Kwarda) Banten, Asosiasi Pencak Silat Tradisional Banten Indonesia (APTBI), Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten dan sejumlah pelajar maupun mahasiswa.

“Kegiatan ini, kami telah sosialisasikan secara maksimal baik melalui media luar ruang maupun media massa. Tujuannya adalah agar semakin banyak masyarakat Banten maupun luar Banten yang tertarik untuk turut serta dalam Pawai Obor ini,” ujar Amal. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments