Banten Lepas 20 Siswa Program Siswa Mengenal Nusantara 2018

Baca Juga

Plt Sekda Provinsi Banten Ino S. Rawita (tengah) dengan pelajar 
peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018. 
(Foto: Istimewa) 

NET – Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ino S. Rawita melepas Siswa Mengenal Nusantara 2018 ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, Curug, Kota Serang pada Selasa (14/8/2018).

“Berkat adanya BUMN (Badan Usaha Milik Negara-red), kita akan memberangkatkan anak-anak  ke Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, saya berharap BUMN tidak sungkan untuk terus mengembangkan program ini di Banten,” ujar Ino.

Plt Sekda mengungkapkan berdasarkan pantauan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), masih terdapat kendala meskipun Gubernur sudah menggratiskan pendidikan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan SMAdan SMK.

“Meskipun pendidikan sudah digratiskan untuk rakyat miskin, BUMN masih dinantikan kehadirannya untuk bersama meningkatkan SDM karena masih terdapat daerah-daerah di Banten yang tertinggal,” tutur Ino.

Ketua Panitia BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018, Iwan Junaedi mengatakan terdapat 20 dari 32 siswa yang lulus tes untuk mengikuti program ini. Di dalamnya terdapat 3 siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan pendamping 1 guru teladan dan 1 guru dari SLB dan 1 pendamping dari Dinas Pendidik Budaya (Dikbud) Provinsi Banten. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak Senin kemarin untuk materi pembekalan.

“Hari ini setelah pelepasan, maka siswa-siswa ini akan memulai kegiatannya di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan bersamaan dengan siswa yang berasal dari Kalsel,” ujar Iwan.

Iwan menyatakan siswa peserta SMN yang berasal dari Banten dan Kalsel akan dipertemukan di Perum Perindo yang selanjutnya akan mengikuti rundown kegiatan yang ada.  Program SMN akan berakhir pada 21 Agustus 2018 dan akan kembali ke provinsi masing-masing.

Direktur Renbang TI Faisal Rahman mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Banten yang telah mendukung kelancaran program ini. Kegiatan SMN yang diinisiasi oleh BUMN ini merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan dalam program Hadir Untuk Negeri di 34 provinsi seluruh Indonesia dan dilakukan setiap bulan Agustus.

“Tujuan kami adalah untuk menanamkan rasa bangga untuk bangsa yang memiliki keragaman dan kekayaan Nusantara melalui kegiatan pertukaran informasi dan kebudayaan,” ujar Faisal.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten E Kosasih Samanhudi, Direktur Perencanaan Pengembangan dan Teknologi Informasi (Renbang TI) BUMN Faisal Rahman, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Krakatau Steel Rahmat Hidayat, Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Risyanto Swanda dan Kepala PT Taspen Cabang Serang Iwan Junaedi. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments