Sambut HUT RI Ke-73, Taman Di Kota Tangerang Gelorakan Semangat Perjuangan

Baca Juga

Pemasangan bendera di Taman Bambu: gelorakan semangat juang. 
(Foto: Istimewa)  

NET - Ada yang berbeda dibanding biasanya, jika selama ini warga berkunjung ke sejumlah taman yang ada di Kota Tangerang. Menyambut peringat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-73, sejumlah taman berbenah diri untuk menggelorakan semangat perjuangan para pahlawan.

Mulai dari pemasangan bendera hingga sound atau pengeras suara yang dipasang dengan memperdengarkan lagu wajib nasional yang bisa mengibarkan semangat perjuangan bagi para pengunjung taman yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang M. Tihar mengatakan  bulan Agustus dijadikan moment bersama untuk mengajak masyarakat Kota Tangerang dan Indonesia terutama pengunjung taman-taman untuk bisa mengenang jasa para pahlawan yang sudah memerdekakan Indonesia dari penjajahan.

"Kita sambut suka cita kemerdekaan dengan memasang bendera di taman-taman yang ada. Hal ini untuk mengingatkan para pengunjung tentang pentingnya nilai patriotisme dalam mengisi kemerdekaan," ujar Tihar kepada wartawan, Selasa (31/7/2018).

Selain menggelorakan semangat kemerdekaan dengan memasang bendera, kata Tihar, Bidang Pertamanan juga memasang sound sebagai alat pemberi informasi serta mendengarkan lagu wajib nasional yang diperdengarkan dengan suara menggema.

"Lagu wajib nasional, kita putar semenjak pagi hari, mulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu wajib nasional hingga malam hari," paparnya.

Selain sebagai alat untuk memperdengarkan lagu wajib nasional, sound yang ada juga diperuntukkan sebagai alat penyebarluasan informasi bagi petugas jaga atau Brigade 1016 yang bertugas di lapangan.
"Petugas taman (Brigade 1016), bisa menggunakan sound yang ada untuk melakukan sosialisasi kepada para pengunjung, seperti larangan membuang sampah sembarangan, hingga pengumuman hasil pembangunan Pemerintah Kota Tangerang," tutur Tihar.

Tihar mengakui sementara ini belum seluruh taman bisa terfasilitasi dengan pemasangan dan pemutaran lagu wajib nasional ini. Namun ke depan semuanya dipastikan akan memiliki sarana yang sama dengan dengan fasilitas yang lebih baik.

"Sebagai tahap awal, kita hanya baru memasang di 6 taman tematik di Kota Tangerang, di antaranya Taman Bambu, Taman Kunci, Taman Potret, Taman Gajah, Taman Ekspresi, dan Taman Pisang," ucap Tihar. (*/ril)



Post a Comment

0 Comments