Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Panglima TNI Pimpin Sidang CARM Indosin HLC Ke-21 Di Singapura

Marsekal TNI Hadi Tjahjanti dan Letjen Melvyn Ong saat memimpin sidang.
(Foto: Istimewa)  

NET - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Letjen Melvyn Ong memimpin sidang Combined Annual Report Meeting Indonesia-Singapore High Level Committee (CARM Indosin HLC) ke-21 tahun 2018 di Leo Ballroom, Marina Mandarin Hotel, Singapura.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku Ketua Delegasi Indonesia mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-53 Angkatan Bersenjata Singapura yang jatuh pada 1 Juli 2018. Marsekal TNI Hadi juga mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat Mayor Jenderal Melvyn Ong menjadi Letnan Jenderal, bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-53 Angkatan Bersenjata Singapura.

Panglima TNI mengatakan Angkatan Bersenjata Singapura di bawah pimpinan Letjen Melvyn Ong akan semakin maju dan dapat berkiprah lebih aktif lagi baik di kancah regional maupun level dunia.

Indonesia dan Singapura, kata Panglima, telah membina hubungan diplomatik lebih dari setengah abad. TNI dan SAF, juga telah melaksanakan kerjasama, khususnya di bidang latihan sejak 1974. Pertemuan tahunan kedua Angkatan Bersenjata yang diawali pada 1997 dengan sebutan “The Report to Pangab-CDF” pada 2007.

“Sebutan tersebut berubah menjadi Combined Annual Report Meeting (CARM) sebagai hasil pertemuan pimpinan kedua negara di Bali dan selanjutnya pada 2012 hingga sekarang kita sepakati sebutan CARM Indosin HLC,” tutur Panglima, Rabu (11/7/2018).

Guna mengenang kerjasama strategis tersebut, kata Panglima, kedua pihak telah merayakan peringatan ke-50 hubungan diplomatik dan peringatan ke-20 kerjasama antara TNI dan SAF yang didengungkan bersama sebagai slogan kebersamaan “50 dan 20 RI-SING” pada 2017 lalu.

Pangab Singapura Letjen Melvyn Ong mengatakan kunjungan Panglima TNI beserta Delegasi TNI dalam Sidang ke-21 CARM Indosin HLC merupakan suatu kehormatan bagi Singapura dan pertama kali menjadi Ketua Bersama dalam CARM Indosin HLC.

Letjen Melvyn Ong menjelaskan kerjasama antara Indonesia dan Singapura mencerminkan semangat gotong royong antar kedua negara yang bertetangga serta bersahabat.

Delegasi Singapura yang hadir pada CARM Indosin HLC, di antaranya Pangab Singapura Letjen Melvyn Ong,  Chief of Staff Joint Staff Brigjen Kelvin Khong, Director Military Intelegence Brigjen Ng Chad Son, Director Joint Operation Brigjen Tan Chee Wee, Director Joint Logistic And Head Joint Man Power Colonel Terry Tan, Athan Singapura untuk Indonesia Colonel Lam Chee Yuong.

Delegasi Indonesia hadir Asintel Panglima TN Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono,  Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Waasops Panglima TNI Marsma TNI M. Khairil Lubis, dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono.

Sidang ke-21 CARM Indosin HLC diakhiri dengan penandatangan dokumen hasil sidang dan penandatangan kerjasama Mutual Logistic Support Arrangement (MLSA). (dade)



Post a Comment

0 Comments