Jumlah Partisipasi Pilkada Kota Tangerang Tidak Mencapai Target

Baca Juga

Salah seorang anggota PPK saat membuka segel surat  suara sebelum 
dilakukan perhitungan suara dengan disaksikan sejumlah orang. 
(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com)   

NET - Rapat pleno terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Rabu (4/7/2018) sore menyebutkan tingkat partisipasi pemilih yang telah menyalurkan suaranya di pesta demokrasi Kota Tangerag mencapai 71 persen.

Jumlah tersebut meskipun tidak mencapai 78 persen, seperti yang ditargetkan oleh KPU Kota Tangerang dinilai sudah cukup bagus, karena mengalami kenaikan 3 persen dibanding  pemilihan Gubernur Banten beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, dari 1.027.522 daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang, tingkat partisipasinya memcapai 71 persen. Dan jumlah ini lebih tinggi 3 persen dari pemilihan Gubernur Banten beberapa waktu lalu,'' ujar Ketua KPUD Kota Tangerang Sanusi kepada wartawan.

Dan dari hasil perolehan suara tersebut, kata Sanusi, pasangan calon tunggal incumbent Arief R. Wismansyah-Sachrudin meraih suara 85,80 persen atau sebanyak 609.428 suara. Sedangkan kolom kosong atau kotak kosong memperoleh suara sebanyak 102.386  atau 14,20 persen.

"Berdasarkan data ini pasangan calon tunggal unggul," kata Sanusi.

Namun untuk menetapkan pemenang di Pilkada Kota Tangerang tersebut, kata dia, menunggu dari Mahkaman Konstitusi (MK), apakah ada gugatan atau tidak.

"Kita tunggu tiga hari setelah rapat pleno ini. Kalau memang tidak ada yang menggunat ke Mahkamah Konstitusi, tentunya akan dilakukan penetapan,” ucap Sanusi.

Menyikapi hasil rapat rekapitulasi KPU Kota Tangerang, calon Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah merasa puas. Pasalnya, perolehan suara yang didapatkan dalam Pilkada tersebut melebihi 50 plus satu.

“Alhamdulillah sangat puas. Karena target kami cuma 50 plus satu," kata Arief.  (man)

Post a Comment

0 Comments