Libur Lebaran Idul Fitri, Puskesmas Tetap Berikan Pelayanan 24 jam

Baca Juga

Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri:  orang sakit tidak bisa ditunda.
(Foto: Man Handoyo/TangerangNet.Com)   

NET - Selama libur Lebaran Idul Fitri 1439 H nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tetap akan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan cara mengoperasikan seluruh Puskesmas yang ada di wilayah tersebut.

"Sebanyak 36 Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang akan terus memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Itu juga berlaku pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri nanti,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri kepada wartawan, Selasa (6/6/2018).

Karena, kata dia, pengobatan pada orang sakit tidak bisa ditunda dan harus segera diberikan pada saat mereka membutuhkan. Sama halnya kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi bahwa selama liburan Idul Fitri nanti, Puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang akan memberikan pelayanan seperti biasa.

 "Kami sudah memberikan arahan kepada seluruh petugas, agar tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkap Liza.

Dan Puskesmas itu, kata Liza, harus menjadi garda terdepan dalam penanganan pertama bagi kesehatan seluruh masyarakat. Sehingga bila ada di antara masyarakat yang sakit dan kondisinya gawat darurat harus segera dirujuk ke rumah sakit.

“Perawat dan dokter akan bertugas secara bergantian demi kenyamanan pemudik maupun masyarakat yang tak pulang kampung. Jika memang dalam kondisinya gawat maka harus segera dirujuk ke rumah sakit,” ucap Liza.

Selain itu, Liza menjelaskan Pemerintah Kota Tangerang, telah meningkatkan status pelayanan di sejumlah Puskesmas. Dari Puskesmas yang ada, 18  Puskesmas di antaranya sudah  melayani Unit Gawat Darurat (UGD) 24 Jam,  rawat inap, dan  persalinan. “Intinya seluruh Puskesmas sudah siap memberikan pelayanan selama 24," ujar Liza. (man)

Post a Comment

0 Comments