Debat Publik Pilkada 2018, Tanpa Lawan Tetap Dilaksanakan

Baca Juga

Calon Walikota dan Wakil Walikota Arief R. Wismansyah dan Sachrudin 
saat tampil untuk menjawab sejumlah pertanyaan dari panelis. 
(Foto: Istimewa)   

NET – Meski hanya ada satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap melaksanakan “Debat Publik” pemaparan dan pendalaman visi misi pasangan calon di Ballroom Hotel Narita, Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat (14/4/2018) malam.

"Sengaja kami siarkan secara langsung debat ini, agar masyarakat Kota Tangerang pada umumnya dapat menyaksikan visi dan misi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota," ujar Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi saat membuka acara.

Tentu banyak yang bertanya-tanya, kata Sanusi, kenapa debat publik ini tetap dilaksanakan padahal hanya satu pasangan calon. Hal itu merupakan amanah yang juga dijalankannya sesuai Peraturan KPU Nomor 14 tahun 2015, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomoir 13 tahun 2018, tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

"Dengan debat ini, kami berharap masyarakat Kota Tangerang dapat menilai dan menentukan pilihannya pada hari pencoblosan pada Rabu, 27 Juni 2018 mendatang," terang Sanusi.

Kegiatan yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta tersebut, dipandu Ratna Dumila sebagai moderator. Hadir dalam acara itu Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna beserta jajaran, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta jajaran Komisioner KPU dan Panwaslu Kota Tangerang.

Debat itu mengusung tema "Tata Kelola dengan Baik dan Bersih dalam Kerangka Otonomi Daerah". Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi mengatakan kegiatan tersebut merupakan tugas KPU sebagaimana diamanahkan Peraturan KPU No. 4 tahun 2017.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Tangerang, karena sampai hari ke-59 masa kampanye ini, suasana di Kota Tangerang tetap aman dan kondusif," imbuhnya.

Selanjutnya acara inti yakni pemaparan visi dan misi paslon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah - Sachrudin, dipandu moderator dengan lima panelis di antaranya Prof. Dr. Lili Romli M.si, Dr. Gun Gun Heryanto M.Si, Dahnil Anzar Simanjuntak, Dr. Mustofa Kamil, dan Endah Sricahyani Sucipto M.Si.

Dalam kesempatan itu, paslon diberi waktu 5 menit untuk menyampaikan visi dan misinya kepada publik. Pertanyaan demi pertanyaan menghujani pasangan calon dari kelima panelis secara berurutan. Pada sesi tersebut, calon Walikota Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi calon Wakil Walikota Tangerang Sachrudin,  menjawab sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan panelis.

Adapun visi misi yang disampaikan paslon utamanya adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berakhlakul karimah dan berdaya saing. "Selama ini kami mengedepankan nilai-nilai efisiensi dan efektifitas dalam hal pelayanan serta pengelolaan pemerintah. Namun yang menjadi tantangan kita ke depan adalah bagaimana membangun jalur komunikasi dengan masyarakat, sehingga apa yang diharapkan masyarakat bisa kita kelola dan pemerintah sanggup memfasilitasi," papar Arief.  (*/ril)

Post a Comment

0 Comments