Cegah Pelanggaran Hukum, Anggota TNI AL Pun Ditertbikan

Baca Juga

Petugas Satuan Polisi Militer berjaga untuk menertibkan anggota   
TNI AL atau Marinitr yang diduga melanggar hukum. 
(Foto: Dade Fachri/tangerangnet.com)   

NET - Sesuai perintah Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Brigjen TNI Marinir I Ketut Suardana,  Satuan Polisi Militer melaksanakan kegiatan Operasi Penegakkan Ketertiban, dan Disiplin (Opsgaktibplin) untuk penertiban hukum mencegah refrensi dan untuk mencegah refrentif terjadinya pelanggaran hukum.

"Pelaksanaan Opsgaktiblin kita bagi empat triwulan, namun triwulan kedua Opsgaktiblin pelaksanaan sweeping di wilayah Pos 9 Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer) Jakarta Utara,” ujar Wakil Komandan Satuan Pelaksana (Wadansatlak) Puspomal Kapten Laut (PM) Tona Ompusunggu,kepada  wartawan, Jumat (13/4/2018), di Jakarta.

Kegiatan ini, kata Tona, satu triwulan sudah terlaksanakan yang hari ketiga yaitu harapannya dengan pelaksanaan Gaktibplin ini mengurangi pelanggaran yang terjadi sebagai tindakan premetif maupun pelanggaran lalulintas dan yang lainnya.

Menurut Tona, dilakukan operasi Gaktibplin, meliputi pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor baik kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Ijin Mengemudi (SIM) baik SIM umum maupun SIM serta surat-surat kelengkapan lainnya. Hal itu meliputi Surat ijin ke luar Kesatrian dan Kartu Tanda Anggota (KTA) ini, maupun kelengkapan pakaian dinas sesuai dengan ketentuan.

Tona mengatakan Operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin tersebut akan dilaksanakan di wilayah hukum Puspomal. Jika ditemukan ada pelanggaran disiplin maupun tindak pidana, prajurit TNI akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, guna memberikan efek jera bagi para pelanggar.

“Ke depannya akan dilakukan sweeping mendadak, agar bagi pelanggar hukum akan memberikan efek jera,” ucap Tona.  (dade)

Post a Comment

0 Comments