Banten Akan Pertahankan Juara Umum MTQ Nasional Di Sumut

Baca Juga

Gubernur  H. Wahidin Halim didampingi Wakil Gubernur Banten 
Andika Hazrumy saat membuka penyelenggaraan MTQ Ke-15 Banten. 
(Foto: Istimewa)     

NET - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten menargetkan mempertahankan juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2018 yang rencananya akan digelar di Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banten Prof. Dr. Sholeh Hidayat mengatakan hal itu saat membacakan laporan pelaksanaan MTQ ke-15 Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Albantani, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP-3B), Jalan Syech Nawawi Albantani, Kota Serang, Senin (16/4/2018) malam.

"Hasil kejuaraan MTQ ke 15 Provinsi Banten ini akan dibawa ke tingkat nasional yang akan digelar di Sumatera Utara," terang Sholeh Hidayat.

Namun demikian, Sholeh mengaku terlebih dulu pihaknya akan melakukan persiapan mulai dari pembinaan hingga pemantapan Qori dan Qoriah yang terpilih mewakili Provinsi Banten.

"Mudah-mudahan tahun 2018 ini kita dapat mempertahankan juara umum MTQ Nasional," tutur Sholeh  yang disambut meriah oleh para undangan pembukaan MTQ ke-15 Provinsi Banten yang dihadiri sekitar 3.000 orang pengunjung.  

Dalam laporannya, Sholeh  mengatakan pelaksanaan MTQ Banten ini merupakan wahana untuk menyebarluaskan syariat Islam, meningkatkan silaturrahim, dan meningkatkan pemahaman kandungan Al Qur'an agar dapat diimplementasikam dalam kehidupan sehari-hari.

Dijelaskan Sholeh, tema MTQ ke-15 Banten yakni mewujudkan internalisasi nilai-nilai Al Qur'an menuju masyarakat Banten yang bebas dari buta aksara Al Qur'an, berkarakter dan berakhlakul karimah.

"Untuk mendukung tema tersebut kita bersinergis dengan seluruh instansi agar tumbuh kesadaran masyarakat belajar mengkaji, menghayati serta  mengamalkan nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan nyata," paparnya.

Sementara itu, harapan yang sama juga disampaikan Gubernur Banten H. Wahidin Halim. Ia berharap di ajang MTQ Nasional tahun 2018 ini, Provinsi Banten bisa menang mempertahankan juara umum.

"Kalau tahun lalu bisa menang, sekarang juga harus bisa juara. Tapi tidak semata-mata juara, yang terpenting syiar agama kepada masyarakat, karena banyak lahir dari anak-anak kita yang bisa hafal Al Qur'an," tukas Wahidin.

Diketahui, Gubernur H. Wahidin Halim membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 15 Provinsi Banten di Lapangan Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (16/4/2018) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug bersama Wakil Gubernur H. Andika Hazrumy, Sekda Banten Ranta Soeharta, Kapolda Banten Brigjend Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum LPTQ Nasional Dr. H. Muhammadiyah Amin, Ketua LPTQ Banten Prof. Dr. Sholeh Hidayat dan perwakilan DPRD Banten. (*/ril)

Post a Comment

0 Comments