Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KPU Kota Tangerang Tetapkan DPS Pilkada 1.037.369 Orang

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi membuka rapat pleno penetapan 
Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2018.   
(Foto: Istimewa)   

NET – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yakni sebanyak 1.037.369 orang, dengan rincian 519.069 laki-laki dan 518.300 perempuan.

Jumlah pemilih tersebut diperoleh dari  rapat pleno terbuka pnetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018, di Hotel Narita, Cipondoh Kota Tangerang, Jumat (16/3/2018).

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Program dan Data Ahmad Syailendra mengatakan KPU juga mendata daftar pemilih potensial belum pemegang Kartu Tanda Penuduk (KTP) elektronik  atau E -KTP sebanyak 9.157. Data tersebut akan disampaikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Jika ada warga yang belum masuk dalam data kependudukan, nanti yang bersangkutan akan kita konfirmasi untuk melakukan perekaman E-KTP. Dan jika sudah melakukan perekaman, yang bersangkutan bisa kita masukkan ke dalam daftar pemilih tetap (DPT). Kalau dia tidak ada dalam DPS dan data kependudukan berkemungkinan kita coret," imbuhnya.

Saylendra menjelaskan pada 24 Maret mendatang KPU akan mengumumkan serentak di setiap kelurahan. Saat pengumuman tersebut, sekaligus akan dilakukan uji publik agar masyarakat mencermati DPS yang diumumkan.

"Nanti kalau ada masyarakat yang belum terdaftar, bisa dimasukkan (kedalam DPS). Kemudian kalau ada data yang seharusnya TMS (tidak memenuhi syarat-red) langsung kita coret," tegasnya.

Sedangkan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), lanjut dia, baru akan diumumkan pertengahan April.  “Saya berharap masyarakat ikut aktif dalam kegiatan Pilkada Kota Tangerang 2018,” ucap Saylendra yang juga aktif pada orgnisasi Pemuda Muhammadiyah.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja tim terutama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang untuk melakukan Pencoklitan selama satu bulan.

Selanjutnya Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tangerang M. Yusuf yang hadir pada kesempatan itu meminta agar seluruh penyelenggara Pilkada 2018 mampu menonjolkan dan menjunjung tinggi integritas dalam bekerja. Dengan demikian pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang dapat berjalan baik dan kondusif.

"Dalam artian, bapak ibu harus menjalankan norma dan asas dari sebuah penyelenggaraan Pemilu yang diawali dengan keadilan dan netralitas," ujar Yusuf.

Adapun kegiatan dihadiri seluruh jajaran Komisioner KPU Kota Tangerang beserta PPK dan PPS se-Kota Tangerang. Kegiatan ini disaksikan seluruh jajaran Panwaslu Kota Tangerang dan para pemimpin partai politik (Parpol) pengusung, serta unsur Muspida di wilayah Kota Tangerang dengan segenap jajarannya. (ril)

Post a Comment

0 Comments