AMBS: Kami Dukung Kesehatan Gratis Pemprov Demi Rakyat Banten

Baca Juga

Gubernur Banten H. Wahidin Halim menemukan pasien yang dirawat di 
luar kamar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten di Malingping, 
beberapa waktu lalau.
(Foto: Syafril Elain/tangerangnet.com)   

NET  - Alinasi Muda Banten Selatan (AMBS) mengharapkan Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan  dapat menerima usulan masyarakat Banten yang digagas oleh Gubernur Banten Wahidin Halim soal berobat gratis cukup pakai Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) Banten.

"Ya, seharusnya Pemerintah pusat bisa menerima usulan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, sejatinya yang diusulkan Gubernur kan adalah keinginan warga Banten untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis," ujar  Ketua AMBS Agusta kepada wartawan di Malingping, Kabupaten Lebak, Minggu (18/3/2018).

Agusta menjelaskan Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat. Persoalan di Banten saat ini yaitu masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki BPJS. Pemerintah Provinsi Banten atas gagasan Gubernur Banten siap memberikan pengobatan gratis bagi warganya cukup pakai KTP bagi yang belum memiliki BPJS.

“Kenapa Pemerintah pusat harus melarang, toh ini demi rakyat? Pemerintah hadir untuk rakyat. Kalau iuran BPJS kan itu sama saja memungut iuran dari rakyat, tentunya sangat membebankan masyarakat apalagi bagi yang kurang mampu,” ungkap Agusta.

Seperti diketahui, surat dari Kementerian Kesehatan RI telah disampaikan kepada Gubernur Banten tertanggal 13 Februari 2018 lalu. Dalam surat tersebut, disampaikan beberapa poin mengenai alasan penolakan atas permintaan Gubernur Banten tentang berobat gratis pakai KTP yang akan dibiayai oleh Pemprov Banten.

Senada dengan Agusta, Encep Suhendi berharap Pemerintah pusat bisa menerima usulan dari Pemprov Banten soal berobat gratis cukup pakai KTP untuk 2 juta warga Banten yang belum tercover BPJS. "Kami berharap, program gratis pakai KTP yang diusulkan Pemprov Banten bisa dilaksanakan dan diterima oleh Pemerintah pusat. Berobat gratis pakai KTP yang digagas Gubernur Banten adalah upaya yang mulia," kata Suhendi. (*/ril)


Post a Comment

0 Comments