Ratusan Senjata Diselundupkan Lewat Bandara Soekarno Hatta

Baca Juga

Erwin Situmorang saat memberikan penjelasan kepada wartawan yang 
didampingi oleh pemangku kepentingan. (Foto: Istimewa)    
NET - Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, menggagalkan upaya penyelundupan ratusan  senjata airsoft gun  di Terminal 2-D Bandara Internasional tersebut. Selain itu, petugas juga mengamankan E, seorang pemilik senjata itu.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta Erwin Situmorang, Selasa (30/1/2018) mengatakan ratusan senjata airsoft gun  diamankan, karena tidak dilengkapi dengan dokumen.  Selain itu petugas  juga mengamankan E,  penumpang pesawat Malaysia Airlines MH-711 yang  kedapatan membawa barang termaksud.

"Setelah kami lakukan pemeriksaan, ternyata barang yang dibawa dari Kuala Lumpur, Malaysia-Batam tidak dilengkapi dokumen,"  ujar Erwin.

Adapun senjata yang diamankan, kata Erwin, yaitu  sebanyak 109 pieces bagian dari airsoft gun. Di antaranya 15 Unit Frame Airsoft Gun Pistol Model Spring dari Bahan Metal, 5 Unit Gearbox Airsoft Gun Model Elektrik, 33 Unit Magazen Airsoft Gun, 12 Unit Laras Panjang Airsoft Gun dari Bahan Metal dan 26 Unit Bagian Airsoft Gun.

Selain itu, kata dia, 13 Unit Slide Airsoft Gun Pistol, 5 Unit Handgrip Airsoft Gun serta 1 Box Aksesoris Airsoft Gun yakni Charger dan Senter. "Ini semua disita karena yang bersangkutan tidak memiliki dokumen perizinan dari Kepolisian Republik Indonesia mengenai pembawaan airsoft gun," ucap Erwin.

Karena itu, tambahnya, senjata beserta komponennya  diserahkan ke Polresta Bandara Soekarno Hatta untuk ditindak lanjuti. Pasalnya, pengiriman barang tersebut telah melanggar Peraturan Kapolri nomor 8 Tahun 2012, tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api.

Sementara itu, Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta Kombes Alhmad Yusep Gunawan mengatakan kasus tersebut akan ditindaklanjuti. Dan pihaknyasudah mengantongi sejumlah data terkait peredaran senjata tersebut. (man)

Post a Comment

0 Comments