Pembinaan Potensi Maritim, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-Rakyat

Baca Juga

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi menyerahkan bingkisan kepada 
warga yang terlibat dalam kegiatan Pembinaan Potensi Maritim. 
(Foto: Dade Fathir/Tangerangent.com)    
NET – Metode kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut ini, adalah kegiatan Bebersih Citarum yang melibatkan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta seluruh elemen masyarakat Jawa Barat, merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI terhadap rakyat.

"TNI Angkatan Laut membantu Pemerintah setempat untuk mengajak masyarakat untuk menjaga, merawat, dan melestarikan serta mengembangkan potensi Sungai Citarum,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, Senin (18/12/2017). 

Hal itu dikatakan Laksamana TNI Ade Supandi yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi resmi menutup kegiatan Bebersih Citarum di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Bandung, Jawa Barat.   

Kegiatan yang sebelumnya dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R, di Warung Pulus, Bandung, Jawa Barat, pada hari Sabtu, (16/12/2017), diikuti oleh sekitar 1.500 personel gabungan dari Kotama-kotama TNI Angkatan Laut wilayah Jakarta di antaranya Koarmabar, Kormar, Kolinlamil, dan Lantamal III. Personel Kowal yang terlibat bakti sosial dalam rangka menyambut HUT ke-55 Kowal tahun 2018.

Sebelum penutupan, Kasal beserta Ny. Endah Ade Supandi, melaksanakan penanaman pohon mangga, dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada warga sekitar Pangauban dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba keramba hias.  

Dengan suksesnya Bebersih Citarum ini, kata Kasal, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), sehingga dapat membangkitkan rasa Cinta Tanah Air Indonesia, serta kegiatan tersebut dapat menjadi agenda yang berkelanjutan dalam memberikan semangat pengabdian dan karya terbaik bagi bangsa dan negara guna mendukung  terwujudnya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Kasal menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak baik dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah, swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Jawa Barat, yang turut serta mendukung kegiatan sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Ade mengatakan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-72 Armada RI ini, meliputi penyuluhan kesehatan dan kebersihan kepada masyarakat setempat, pembersihan Sungai Citarum, penghijauan, lomba kebersihan lingkungan, perahu dan keramba hias, serta pemanfaatan eceng gondok dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kreatif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, Asisten Pengamanan (Aspam) Kasal Laksamana Muda TNI S. Irawan,, Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia,  Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, Danlantamal III,  serta Kepala Dinas terkait, Gubernur Jawa Barat, dan Jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten se-Jawa Barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Jawa Barat.  (dade)


Post a Comment

0 Comments