Jelang Natal, BMKG Prediksi Akan Terjadi Cuaca Ekstrem

Baca Juga

Dwikorita Karnawati didampingi pejabat BMKG: potensi hujan lebat. 
(Foto: Dade Fathir/Tangerangnet.com)  
NET -  Warga  diminta untuk waspada,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 di Indonesia. Hujan lebat berpotensi terjadi  karena suplai massa udara lembab dari Asia sangat intensif.

"Jadi, karena itulah penyebab utama tingginya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia tersebut,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Senin (18/12), di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain potensi hujan lebat, kata Dwikorita, potensi angin kencang 20 knot berpotensi terjadi pada wilayah di Indonesia meliputi laut Cina Selatan, laut Natuna, laut Jawa, laut Banda, Samudera Hindia Selatan, dan Jawa Tengah-Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah yang berpotensi hujan lebat terutama daerah rawan banjir dan longsor. Ada beberapa wilayah di Indonesia yang akan terkena hujan lebat menjelang Natal seperti  Aceh bagian Barat, pesisir Selatan Sumatera, Banten, pesisir Utara Jawa, Sulawesi Selatan, NTB dan sebagain Nusa Tenggara Timur (NTT),” ungkap Dwikorita..

Dwikorita mengatakan untuk hujan lebat periode Natal, pesisir Selatan Sumatera Utara dan Barat, NTB, NTT, Sulawesi Tengah dan Papua bagian tengah. Namun, hujan lebat menjelang tahun baru 2018, terjadi di wilayah pesisir Utara Jawa, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Kalimantara Utara (Kaltara), Sulawesi Tenggara (Sulteng), dan NTT.  

Menurut Dwikorita,  hujan lebat pada awal tahun terjadi di wilayah Aceh, pesisir Barat Sumatera, Jateng, Yogyakarta, Kaltim, Kaltara, Sulteng, dan NTT.(dade)


Post a Comment

0 Comments