Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Terminal 3 Bandara Soetta, Siap Layani Semua Operasional Penerbangan

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dari luar.
(Foto: Istimewa)  
NET - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta telah mempersiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan dalam proses perpindahan ke Terminal 3.

“Prinsipnya, semua fasilitas yang ada di Terminal 3 sudah siap untuk digunakan, baik di sisi airside atau pun landside,” ujar Senior General Manager Bandara Soekarno Hatta  Fahroji kepada wartawan, Sabtu (15/7/2017).

Fahroji menjelaskan Terminal 3 Internasional sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti baggage handling system (BHS), Flight Information Display System (FIDS) , Ground Support System (GSS), Visual Docking Guidance System (VDGS) serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara dalam mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional tersebut, kata dia, di Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi,  15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kami pun telah bersinergi dengan pihak CIQ untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa,” terang Fahroji. Sedangkan mengenai aspek pengamanan, tambah dia, Terminal 3 Internasional memiliki 12 unit x-ray dan dua unit body scanner. Dan rencananya unit body scanner itu akan ditambah menjadi enam unit.

Adapun fasilitas lainnya yang telah disiapkan di Terminal 3 yaitu, free wifi, free internet booth, free charging booth, free drinking water." Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," kata Fahroji.

Oleh karena itu, kata dia, pengoperasian Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang mulai dibuka pada 1 Mei 2017 lalu,  sejumlah maskapai penerbangan internasional yang tergabung dalam aliansi Skyteam mulai memindahkan operasional penerbangan ke Terminal itu.

Setelah sebelumnya  Saudi Arabian Airlines dan Vietnam Airlines,  Senin (17/7) ini, Korean Airlines juga akan mengoperasikan penerbangannya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Adapun rute yang akan dilayani oleh maskapai yang sebelumnya beroprasi di Terminal 2  tersebut, yaitu Jakarta-Seoul. Dan seluruh penerbangannya  akan menggunakan pesawat berbadan besar, Boeing 777-300 ER dengan kapasitas 291 penumpang. (man)

Post a Comment

0 Comments