Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wakil Gubernur Banten Harapkan BLKI Hasilkan Tenaga Terampil

Andika Hazrumy (berpeci) saat mendengarkan penjelasan
dari tenaga pengajar di BLKI.   (Foto: Istimewa)   
NET  – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kunjungan mendadak ke Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Provinsi Banten di Serpong,  Kota Tangerang Selatan (Tangsel) , Senin (29/5/2017). Pada hari ketiga puasa Ramadhan ini, Andika  tiba di gedung BLKI sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung meninjau sejumlah ruang pelatihan yang tersedia di sana.

Dalam kunjungan itu, Andika langsung  masuk  menuju  ruang  pelatihan mesin bubut dan las. Andika merasa  perlu tau apakah adanya peningkatan fasilitas di ruang pelatihan tersebut. Hal ini agar lulusan yang dihasilkan dari pelatihan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri.

“Kita lihat beberapa mesin bubut yang ada masih teknologi lama, hanya sebagian saja yang berteknologi baru. Ini menjadi catatan kita supaya nanti bisa ditingkatkan,”  ujar  Andika yang didampingi Kepala BLKI Serpong  M Sihombing.

Usai dari ruang pelatihan bubut dan las, Andika yang  mengenakan peci hitam tersebut, lalu mengunjungi sejumlah ruang pelatihan lainnya, mulai dari pertukangan, tata busana, hingga ruang pelatihan operator computer dan multimedia.

Di ruangan ini, Andika seolah menjadi mood booster atau penyemangat bagi para peserta pelatihan yang kebanyakan berusia remaja. Betapa tidak, di ruang ini, Andika  mengajak para peserta pelatihan untuk wefie alias swa-foto bareng menggunakan smartphone salah satu instruktur atau pelatih di ruangan itu.

“Wiiih, yang ini ganteng banget nih,” ungkap Andika seraya menunjuk foto salah seorang peserta yang tampak di layar ponsel usai mengambil gambar. Kontan semua peserta pun gemuruh tertawa senang.

Usai berkeliling ke hampir semua ruang pelatihan yang ada di BLKI tersebut, Andika menyempatkan diri untuk meninjau lokasi pembangunan asrama BLKI yang terletak tidak jauh dari lokasi BLKI. Gedung asrama yang konstruksi bangunannya tampak dibangun  bertingkat dan terdiri dari beberapa gedung tersebut, terkesan terbengkalai karena terhenti pembangunannya.

“Rencananya gedung ini nantinya juga bisa digunakan bukan hanya untuk tempat tinggal peserta pelatihan. Misalnya, kita di dapur nanti  juga bisa melakukan pelatihan tata boga. Di kamar, kita bisa lakukan pelatihan perhotelan,”  tutur  Sihombing kepada Andika melaporkan.

Menurut Andika,  BLKI salah satu prioritas untuk dikembangkan dalam masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan bersama Gubernur Wahidin Halim. “Angka pengangguran kita di Banten masih lumayan tinggi. Saya yakin  BLKI bisa menjadi salah satu solusinya dan BLKI  mampu menghasilkan tenaga terampil dibutuhkan kalangan industri. Kami ingin nanti Pemerinah Provinsi  bisa punya BLKI di setiap kabupaten dan kota,” ucap Andika. (*/ril)                        

Post a Comment

0 Comments