Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BMKG Gunakan Teknologi Sejajar Dengan Negara Maju

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan apresiasi kinerja BMKG.
(Foto: Dade, TangerangNet.Com)  
NET - Menteri Koordinator bidang Maritim (Menkomaritim) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi teknologi yang diterapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam melakukan prakiraan cuaca dan deteksi dini. Apa yang dimiliki oleh BMKG, sudah bisa disejajarkan dengan teknologi yang dikembangkan oleh negara maju.

"Hal ini tidak kalahlah dengan negara maju. Kita ingin teknologi yang terbaik untuk negara kita sendiri dan BMKG sudah menerapkan itu, bahwa nantinya teknologi yang dimiliki oleh BMKG akan sangat berguna bagi Pemerintah untuk melakukan sebuah kebijakan tertentu," ujar Luhut, Jumat (31/3/2017), saat acara kunjungan di Kantor BMKG,  Kemayoran,  Jakarta Pusat.

Terlebih pada sektor pertanian dan juga sektor kelautan, kata Luhut,  karena alat yang dikembangkan BMKG yaitu Ocean Forecast System (OFS) dapat memberikan informasi yang akurat, tepat dan Real Time. Namun, jadi nanti kalau Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan tertentu, data dariBMKG ini bisa kita jadikan patokan.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  Andi Eka Sakya mengatakan  teknologi yang dimiliki pihaknya saat ini akan terintegrasi dengan seluruh kementerian dan lembaga terkait. Sehingga, nantinya dalam satu tampilan terdapat beberapa data yang dapat dilihat oleh masyarakat di laman peta-maritim.bmkg.go.id/ofs.

"Terus proses perkembangan karena kita akan terintegrasi dengan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan-red)  misalnya, dan kementerian serta lembaga terkait," ungkap Andi. (dade)


Post a Comment

0 Comments