Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Yohana: Besar Peran Organisasi Wanita Dukung Program Ketahanan Keluarga

Menteri PP dan PA Yohana S. Yembise dan  Wanita Islam.
(Foto: Dade, TangerangNet.Com)  
NET - Peran organisasi wanita dalam mendukung program ketahanan keluarga sangat besar, begitu juga dengan Wanita Islam Indonesia. Mereka bisa bermanfaat untuk menyampaikan atau menyosialisasikan  program pemerintah, yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Seiring globalisasi, tentu berbagai permasalahan yang terjadi pada perempuan dan anak kian beragam, bukan hanya kekerasan fisik, psikis, dan seksual  tapi meliputi pula masalah narkoba, trafficking, perlindungan tenaga kerja perempuan. Belum lagi persoalan pornografi, pekerja anak, anak berhadapan dengan hukum, disabilitas serta persoalan perempuan dan anak pascakonflik sosial," ujar  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Yohana S. Yembise, Sabtu (11/2/2017), saat acara pengukuhan Pengurus Pusat Wanita Islam (WI) periode 2016-2021, di Kantor PP Wisma Wanita Islam, Jakarta Timur.

Melihat kondisi ini, kata Yohana, maka permasalahan perempuan dan anak harus diselesaikan dengan melibatkan berbagai pelaku pembangunan. Baik Pemerintah tingkat pusat dan daerah, akademisi, lembaga masyarakat maupun dunia usaha, sekaligus organisasi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum PP Wanita Islam, Dra Hj Marfuah Musthofa mengatakan Wanita Islam mencoba menerjemahkan secara konkret kegiatannya dalam menghadapi tantangan pada era globalisasi. Dalam bidang hukum,  Wanita Islam berupaya untuk berperan aktif, dalam menghadapi dan menyelesaikan problema bangsa.

"Seperti, turut melaksanakan program perlindungan terhadap tenaga kerja wanita (TKW), perdagangan perempuan, serta membentuk lembaga konsultasi hukum untuk wanita, keluarga, dan pekerja. Wanita Islam, juga mengembangkan ekonomi syariah melalui industri rumahan, guna meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujar Marfuah.

Juga membentuk koperasi BMT (Baytul Maal wat Tamwil) dan mengembangkan ekonomi syariah bagi usaha mikro. (dade)

Post a Comment

0 Comments