Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Malam Tahun Baru, Unindra Gelar Acara Wayang

Dalang cilik dan Rektor Unindra Sumaryoto.
(Foto: Dade, TangerangNet.Com)  
NET - Ketua Panitia Parade Sabet (Dalang Cilik Unindra) Perwanto mengatakan  penabuh karawitan mulai dari rektor, wakil rektor, dekan serta dosen Unindra yang mengiringi hingga pergelaran wayang sampai selesai. Wayang bagian dari warisan budaya dunia, untuk itu Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) terpanggil untuk turut menggelar acara tersebut.

"Parade wayang tersebut adalah suatu bagian acara tersebut yang salah satunya silaturahmi dan temu para dalang cilik tersebut yang memfasilitasi oleh pihak Unindra. Dan nantinya para dalang cilik ke depan akan melakukan pergelaran Festival Dalang Cilik," ujar Perwanto kepada wartawan, Sabtu (31/12/2016), di Universitas Indraprasta PGRI (Unindra).

Pergelaran wayang kulit tersebut, kata Perwanto, adalah bagian untuk menyambut Tahun Baru 2017, yang juga Ki Dalang Yoso Wonogiri adalah bagian binaan Unindra.

Sementara itu, Ketua Sanggar Unindra Kabul Budiyono mengungkapkan Parade Sabet Dalang Cilik yang selalu diberikan dukungan motivasi dari Rektor Unindra Prof. H. Sumaryoto acara ini, sehingga bisa memainkan wayang dengan baik.

"Wayang kali ini, ada delapan dalang cilik yang kita undang, yang akan menampilkan sabetan-sabetan dalam memainkan wayang kulit tersebut. Dalang  cilik tersebut, yang akan menampilkan sabetan dan serta melakukan atraksi-atraksi yang menarik, selama 30 menit," ujar Kabul.

Dalam kegiatan ini, kata Kabul, adalah bagian bentuk dari Unindra yang memberikan perhatian kepada para dalang cilik agar nantinya mereka dapat yang terus-menerus meningkatkan semuanya dan berkembang menjadi dalang tingkat nasional. Unindra   memberikan dorongan semangat untuk berseni dan berkreasi.

Oleh karena itu, Rektor Unindra Prof. H. Sumaryoto menjelaskan Unindra menyambut sangat baik kegiatan ini serta mendorong untuk bisa berkelanjutan pada tahun yang akan mendatang, saat acara "Parade Sabet Dalang Cilik". Parade Sabet Dalang Cilik tersebut bagian dari rangkaian dari Dies Natalis Unindra, dan Unindra yang terus mendorong para dalang cilik.

"Untuk itu, para dalang cilik harus semangat belajar dan mengembangkan diri di dalam bidang Seni Budaya, dan sehingga juga merasa memiliki tanggung  jawab dalam mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional wayang kulit," ungkap Sumaryoto. (dade)

Post a Comment

0 Comments