Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PLN Luncurkan Aplikasi Mobile Customer Self, Mudahkan Layanan

Petugas saat memeriksa meteran aliran listrik.
(Foto: Istimewa0  
NET - Saat ini akses layanan  Perusahaan Listrik Negara (PLN) semakin mudah dengan aplikasi PLN Mobile yang ada di genggaman pelanggan melalui smartphone berbasis Android PLN Mobile. Hal ini resmi dirilis oleh Direksi PLN pada Senin (31/10/2016) ini, di PLN Kantor Pusat, saat bertepatan dengan Upacara Hari Listrik Nasional ke-71.

Divisi Sistem dan Teknologi lnformasi PLN Agus Sutiawan mengatakan PLN Mobile adalah suatu aplikasi Mobile Customer Self Service yang terintegrasi dengan aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). PLN Mobile merupakan wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang juga dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), facebook PLN 123. Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.

"Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan dapat mendukung perbaikan tala kelola Layanan Pengaduan dan Keluhan Pelanggan yang lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur," ujar Kepala Divisi Sistem dan Teknologi lnformasi PLN Agus Sutiawan.

Dengan PLN Mobile, kata Agus, pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi tentang tagihan listrik. informasi pemadaman maupun informasi lainnya yang berkaitan dengan layanan PLN kepada masyarakat. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi.

Adapun fitur  yang tergabung dalam aplikasi ini meliputi, tambah Agus,  cek tagihan dan riwayat token, simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, informasi tarif listrik terkini, dan cek status pengaduan dan permohomananberita terkini dari PLN.

Menurut Agus, nantinya fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan, beberapa di antaranya yang akan muncul di versi selanjutnya adalah Iayanan untuk menghubungi Customer Service Officer PLN 123 tanpa melalui telepon  rumah dan operator selular, tetapi dengan menggunakan Voice Over Internet Protocol (VOIP).

"Selain itu, akan ada pula fitur info pemeliharaan yang terdampak kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat mengetahui alasan mengapa pemadaman terjadi di area Iayanan pelanggan," ujarnya. (dade)

Post a Comment

0 Comments