Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penganugrahan Polisi Award, Perlu Diberikan Agar Polri Profesional

Ilustrasi lambang Polri.
(Foto: Istimewa)  
NET – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) menggagas penganugerahan Polisi Award untuk membantu citra Kepolisian agar  menjadi lebih profesional, modern, dan terpercaya. Penganugerahan penghargaan Polisi Award akan dilakukan menjelang HUT Bhayangkara, 1 Juli 2017 di Jakarta.

“Pemberian penghargaan ini diharapkan akan dapat memberi motivasi untuk mendorong reformasi Polri guna membentuk citra Kepolisian yang lebih baik," ujar Presiden LSM LIRA HM Jusuf Rizal.

Jusuf Rizal  mengatakan hal tersebut didampingi Sekjen LSM LIRA Ahmad Hadariy, Wapres Kesra Ucu Kusmini, Sekab Arfan Lazuardi, Wasekab Tuty Tukiyati, Humas Jane Shalimar, Direktur Eksekutif LBH LSM LIRA Lucky Hasan. dan Ketum Pemuda LSM LIRA Indra Lesmana, Sabtu (9/10//2016), di Jakarta.

Jusuf Rizal mengatakan Polisi Award merupakan pemberian penghargaan yang dianugerahkan kepada institusi, perorangan, tokoh maupun mitra polri yang turut berperan aktif membantu tugas kepolisian dalam rangka melindungi dan mengayomi masyarakat.

Berdasarkan survei citra Kepolisian masih dinilai kurang baik. Seperti halnya Dewan Perwakilan Rakyat (legislatif). "Untuk itu, SDM Polri perlu didorong agar lebih profesional untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat makin tinggi terhadap institusi penegak hukum itu," ujar pria yang selama ini dikenal kritis dalam mengawasi kinerja Kepolisian.

Oleh karena itu, kata Rizal, LIRA  merupakan LSM pro Pemerintah, tetapi tetap kritis dan independen. LIRA terbentuk tahun 2004 dari embrio Blora Center (Tim Relawan yang dibentuk HM. Jusuf Rizal bersama Sudi Silalahi dukung SBY-JK). Pada 2005 untuk pertama kali satu-satunya LSM yang berani bongkar dugaan korupsi Alkom, Jarkom, dan rekening gendut Pati Polri.

Selain itu LSM LIRA tercatat sebagai pengawas independen rekrutmen bintara Polri di Jatim serta beberapa daerah lain. "Sebagai mitra Polri, LSM LIRA merasa turut terpanggil untuk membantu pencitraan positif institusi Kepolisian di masyarakat. Kami memberikan dukungan kepada Kapolri Tito Karnavian untuk melakukan reformasi ditubuh kepolisian, sehingga nantinya tidak ada lagi keraguan masyarakat terhadap integritas Polri dalam menegakkan hukum," ungkap Jusuf Rizal yang juga keluarga besar Kepolisian itu.

Dewan juri untuk penganugerahan Polisi Award 2017 nanti akan diminta untuk tingkat nasional antara lain, Prof. Dr. Marsudi Kisworo, M.Sc, DR. Efendy Ghazali, Faruk Muhammad (DPD-RI), Imam Prasadjo, Neta S.Pane (IPW), dan lainnya.

Sementara  Sekjen LSM LIRA Ahmad Hadary mengatakan  penganugerahan Polisi Award juga akan dilakukan di tingkat provinsi. Hasil yang terbaik ditingkat provinsi akan dinilai guna menperoleh nominasi terbaik di tingkat nasional berdasarkan karegori yang telah ditentukan oleh LSM LIRA selaku penggagas dan penyelenggara. (dade)

Post a Comment

0 Comments