Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Petugas KPPS Pilkada Kota Tangerang Akan Diikutsertakan Pada BPJS Ketenagakerjaan

Sekda Kota Tangerang Herman Suwarman 
dalam rapat koordinasi Pilkada Kota Tangerang. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang mendukung penuh suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Salah satunya dengan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan  bagi petugas Pilkada Kota Tangerang 2024.

Hal tersebut menindaklanjuti amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, dan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 200.2.1/807/SJ perihal Pengelolaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Tahun 2024.

Sekda Kota Tangerang menjelaskan pentingnya memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petugas Pilkada Kota Tangerang Tahun 2024.  Hal ini mengingat pada 2019, banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang kondisinya memerlukan jaminan sosial, namun belum teranggarkan.

"Kita harus memastikan agar petugas badan adhoc mendapatkan jaminan yang pasti. Sehingga, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, saat bertugas di masa pilkada seperti sakit atau meninggal dunia, mereka mendapatkan jaminan yang layak,” ungkap Sekda pada Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Ketua Cabang BPJS Ketenagakerjaan, KPU Kota Tangerang, Disnaker, Bapenda, dan Bapeda, di Istana Nelayan, Jalan MH Thamrin, Selasa (21/5/2024). 

Herman menjelaskan jaminan sosial bagi petugas Pilkada akan disalurkan melalui BPJS Ketenagakerjaan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Sama seperti jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan Kota Tangerang yakni capaian UHC sudah di atas 99 persen," jelasnya.

Sekda berharap agar Rakor ini dapat menghasilkan langkah konkret untuk mewujudkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh petugas Pilkada.

"Kita harus bekerja sama dengan pihak terkait, kita akan lakukan koordinasi terlebih dahulu untuk memastikan program ini dapat berjalan dengan sukses," pungkasnya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments