Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jaga Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Nurdin: Manfaatkan Lahan Kosong Isi Tanaman Produktif

Pj Walikota Tangerang Nurdin melihat secara 
langsung tanaman jagung di lahan kosong. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen untuk menjaga ketahanan pangan demi terwujudkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

Seperti lahan kosong di Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, milik salah satu pengembang di Kota Tangerang yang dimanfaatkan menjadi lahan tanaman produktif berupa jagung. Di lahan seluas 4,5 hektar tersebut bisa menghasilkan 2 sampai 3 ton perhektar.

Penjabat (Pj) Walikota Tangerang Dr. Nurdin mengatakan di tengah keterbatasan lahan yang ada, Pemkot Tangerang terus memaksimalkan potensi yang ada untuk mewujudkan ketahanan pangan. Seperti melalui pemanfaatan lahan kosong, program urban farming dan juga vertical garden.

"Kota Tangerang ini, terbatas  produksi pangannya terutama pertanian. Namun, kita tidak berhenti di situ. Kita mencoba memaksimalkan potensi yang sudah tersisa," jelas Alumni Universitas Indonesia (UI) pada program Penanaman Jagung Ketan di Lahan Tidur Kelurahan Cikokol, Selasa (21/5/2024).

Nurdin menjelaskan di tengah keterbatasan Kota Tangerang harus bisa memaksimalkan keberadaan lahan kosong tersebut. "Lahan kosong yang ada ini barang antik, karena sedikit, terbatas orang yang pingin banyak. Oleh karenanya harus dimaksilkan," ujarnya.

Untuk itu, kata mantan Pj Bupati Aceh Jaya, Pemkot akan terus berupaya melibatkan semua pihak agar bisa memaksimalkan lahan tidur untuk mendukung program ketahanan pangan.

"Nanti akan komunikasikan ke semua pihak yang punya lahan tidur untuk ikut program ketahanan pangan," tukasnya.

Sebagai informasi, sampai saat ini sudah ada 161 hektar lahan yang dimanfaatkan oleh Pemkot Tangerang untuk program Ketahanan Pangan. Lahan- lahan tersebut tersebar di empat kecamatan yaitu Neglasari, Pinang, Benda, dan Tangerang.

Nurdin pada berkesempatan untuk menanam benih jagung ketan bersama dengan Komandan Kodim 0506 Tangerang Kolonel Endik Hendra Sandri, yang kemudian juga secara bersama-sama melakukan panen jagung di lahan terpisah.

Endik yang baru mendapatkan kenaikan pangkat menyampaikan harapannya agar ke depan Kota Tangerang bisa menjadi sentra penghasil jagung ketan di wilayah Jabodetabek.

"Upaya pangan termasuk ibadah, karena menyiapkan pangan dan pakan untuk generasi yang selanjutnya adalah kewajiban," tuturnya.

"Bisa menjadi penghasil jagung kentan terbaik. Ingat Tangerang, ingat Jagung Ketan," imbuhnya. 

Sementara itu, Lurah Cikokol Solihin mengaku senang adanya penanaman jagung di lahan kosong. "Ini bisa memacu dan memicu warga Kelurahan Cikokol untuk berbuat yang sama terhadap lahan kosong di sekitar tempat tinggal mereka," ucap Solihin. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments