Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bawaslu Kota Tangerang Terima Laporan Tim AMIN, KPU RI Salah Input Data

Syafril Elain menerima tanda bukti laporan dari 
Firdaus, staf Bawaslu Kota Tangerang. 
(Foto: Istimewa)  


NET – Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Tim Pemenangan Daerah Banten, Kota Tangerang Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Syafril Elain, RB melaporkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Jakarta tentang kesalahan input data atau terjadi penggelembungan suara pada tampilan web KPU RI hasil hitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres).

Syafril Elain datang ke kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang di Jalan Nyimas Melati, Kecamatan Tangerang, itu dengan membawa sejumlah bukti atas dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU RI berupa screenshot tampilan hasil perhitungan suara ketiga calon presiden dan wakil presiden.

Pada kolom Capres-Wacapres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 80, Kelurahan Gembor, Kecamtan Gembor, Kota Tangerang, Provinsi Banten, 79 suara, pasangan nomor 2 Prabowo Subiyanto-Gibran Rakabuming Raka yakni 138 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 15 suara.

“Pada tampilan web KPU RI input data untuk pasangan Anies-Muhaimin sama dengan lembaran yang ada di hasil hitungan di TPS 80 Gembor yakni 79 suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud 15 suara. Namun untuk pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran membengkak dari dari 138 menjad 234 suara sehingga terjadi penambahan 96 suara,” ujar Syafril Elain kepada wartawan di Kota Tangerang, Sabtu (17/2/2024).

Syafril Elain menjelaskan laporan tersebut disampaikan agar ada koreksi dari KPU RI terhadap tampilan web KPU RI yang menyesatkan itu. “Memang yang terjadi di Kota Tangerang satu TPS, tapi mengalami hal yang sama seluruh Indonesia ribuan,” tutur Syafril, yang mantan Ketua KPU Kota Tangerng itu.

Setelah laporan disampaikan, kata Syafril, Tim Pemenangan Daerah AMIN berharap perolahan suara bisa kembali sesuai dengan aslinya. Oleh karena itu, perolehan suara Capres AMIN akan memenangkan Pilpres 2024 akan tercapai. “Paling tidak, pasangan AMIN lolos ke putaran kedua,” ujar Syafril yang mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang itu.

Sementa itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Haji Suratmin mengatakan setiap dugaan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara Pemilu atau pasangan calon lain, akan dilaporkan ke Bawaslu.

“Kewajiban kita melaksanakan koreksi bila ada dugaan kesalahan dan pelanggaran,” tutur Suratmin.

Di tempat terpisah, Tim Pemenangan Daerah, Banten AMIN Haji Hilmi Fuad menyebutkan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap perhitungan hasil suara yang disampaikan atau ditampilkan oleh KPU RI.

“Kita tidak pernah bosan memperhatikan dan memantau hasil perhitungan suara Pemilu apa yang ditampilkan oleh KPU RI. Hasil kerja KPU RI harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Hilmi Fuad.

Atas laporan tersebut, Heru – warga Kelurahan Gembor, merasa senang adanya laporan dari Tim AMIN. “Bagus adanya laporan tersebut sehingga Pemilu 2024 menjadi terpercaya dan mengurangi kecurigaan terhadap penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU RI,” ucap Heru yang kader  Partai Golkar Kota Tangerang itu. (*/rls)   

  


Post a Comment

0 Comments