Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

AP II Siapkan 6 Bandara Embarkasi Haji, Akan Berangkatan 91.358 Jemaah

Jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta.
(Foto: Istimewa)  


NET - Penerbangan haji di 6 bandara pada Mei - Augustus 2023 siap dilayani PT Angkasa Pura (AP) II. Bandara di lingkungan AP II yang melayani penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Kertajati (Majalengka), dan Bandara Kualanamu (Medan) yang dikelola anak usaha AP II yakni PT Angkasa Pura Aviasi.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan koordinasi telah dilakukan dengan berbagai pihak guna memastikan kelancaran keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

“Koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder antara lain Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI, Polri, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling agar keberangkatan jemaah ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik. Mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II untuk kemudian berangkat ke Tanah Suci,” ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin mengatakan 6 bandara AP II tersebut akan menjadi embarkasi untuk 236 kloter.

“AP II melayani penerbangan haji sebanyak 236 kloter atau 44 persen dari total kloter di Indonesia pada periode Haji 1444 H/2023 M. Total, jemaah haji yang berangkat melalui 6 bandara di lingkungan AP II adalah sebanyak 91.358 jemaah atau sekitar 44 persen dari total jemaah di Indonesia yang berangkat pada tahun ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

“Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji. Koordinasi erat juga dilakukan di antara seluruh stakeholder di bandara-bandara AP II. Kami optimistis penerbangan haji 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar di bandara AP II untuk mengantarkan jemaah haji beribadah di Tanah Suci,” ujar Muhammad Awaluddin.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta memastikan kesiapan seluruh fasilitas dan layanan untuk menyambut jemaah haji dan mendukung penerbangan haji.

Executive General Manager Kantor Cabag Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi embarkasi untuk 136 kloter dengan total 54.992 jemaah haji.

“Kami memohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat agar Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat dengan baik menjadi embarkasi bagi para jemaah haji tahun ini. Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan memberikan pelayanan terbaik untuk mengantarkan jemaah haji menuju Tanah Suci,” ujar Dwi Ananda.

Adapun keberangkatan jemaah haji melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan dilakukan pada 24 Mei – 22 Juni 2023. Dan untuk kepulangan jemaah pada 4 Juli - 2 Agustus 2023.

Penerbangan haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta didukung dengan fasilitas sisi udara antara lain runway 2 berdimensi 3.600 meter x 60 meter untuk operasional pesawat wide body.

EGM Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuturkan sejumlah fasilitas di sisi darat telah disiapkan untuk kemudahan dan kenyamanan jemaah haji.

“Fasilitas bagi jemaah haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta antara lain mecca route, lounge haji, mushola, hingga penambahan toilet portable. Adapun disiapkan layanan mecca route yang merupakan proses pre-clearance imigrasi oleh pihak Imigrasi Arab Saudi untuk mempermudah proses kedatangan jemaah di Arab Saudi nantinya,” ujar Dwi Ananda. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments