Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sketsa Serba-Serbi Sholat Subuh (7): Kerinduan Sholat Subuh Di Mesjid

Wina Armada Sukardi.
(Foto: Ist/koleksi pribadi Wina AS)  

Oleh: Wina Armada Sukardi

 

 MANAKALA dulu penulis mendengar orang-orang memperbincangkan, jika kita selesai naik haji, kita seperti dipanggil kembali untuk datang lagi dan datang lagi ke Mekah, ke Kabah. Penulis pikir hal tersebut merupakan hal yang lebai alias berlebihan. Malah, penulis agak skeptis soal itu,  bahkan, terus terang saja,  penulis cenderung tak percaya. Bukankah naik haji membutuhkan ongkos relatif besar? Demikian pula perlu fisik yang harus kuat. Bagaimana hal itu dapat melahirkan keinginan untuk balik lagi kesana, pikir penulis.

Kenyataannya, waktu penulis selesai naik haji tahun 2002, yang sebelumnya hamba pikir lebai, berlebihan, ternyata hal tersebut memang benar-benar terjadi. Setidaknya pada diri penulis. Setelah menunaikan rukun Islam naik haji untuk pertama kali, selalu ada semacam panggilan untuk datang lagi dan datang lagi ke Kabah.  Apalagi penulis merasa kala menunaikan ibadah haji itu, ada hal yang ingin lebih hamba ini sempurnakan dan tuntaskan lagi jika naik haji berikutnya.

Kerinduan orang naik haji untuk kembali berhaji, yang semula penulis duga omong kosong belaka, benar adanya. Hati hamba ini ingin selalu kembali ke sana. Betul-betul luar biasa “tarikan” Ka’bah kepada orang yang pernah menunaikan haji.

Kendati begitu, penulis tak pernah naik haji lagi. Bukan tak punya kehendak itu. Bukan pula tak ada kesempatan. Juga bukan karena tidak ada dana. Bukan, bukan soal itu, namun lantaran penulis berprinsip, betapapun dorongan hati ingin menunaikan ibadah haji berkali-kali, cukuplah hamba ini naik haji sekali saja.

Meski merasa ada yang dapat lebih disempurnakan lagi jika kemudian ada kesempatan menunaikan ibadah haji, namun hamba ini tak melakukan itu. Apapun yang terjadi saat naik haji, setidaknya hamba sudah melaksanakan kewajiban berhaji. Sementara ratusan ribu, bahkan jutaan, orang Indonesia mengantri ingin naik haji.

Penulis berpendapat, alangkah egoisnya hamba ini jika hamba ingin berkali-kali naik haji, sementara masih begitu banyak manusia Indonesia mencari kesempatan naik haji. Hamba pun memutuskan: beriknalah kesempatan kepada hamba Allah lainnya yang ingin pergi menunaikan kewajiban naik haji. Sedangkan hamba ini yang sudah diberikan kemudahan naik haji harus tahu diri. Tidak boleh serakah. Penulis harus memberikan kesempatan itu kepada orang lainnya untuk dapat naik haji.

Walau demikian, hal itu tidak berarti hasrat datang lagi ke Ka’bah berhenti. Tetap ada dorongan untuk kembali ke Mekah. Ke Ka’bah. Dan penulis memang melaksanakan kembali   datang ke sana, namun bukan pada waktu haji, melainkan umroh. Berbagai macam umroh, alhamdullilh, pernah penulis nikmati. Umroh Ramadhan. Umroh Idhul Fitri. Umroh hari biasa dan lain-lain.

Nah, dalam gradasi yang berbeda, juga terjadi pada sholat subuh di mesjid. Jika kita rutin sholat subuh di mesjid, ketika meninggalkanya, dengan berbagai alasan, ada kerinduan dalam hati yang memanggil-manggil untuk segera merasakan nikmatnya sholat subuh di mesjid.

Kenapa ada kerinduan ingin selalu sholat subuh di mesjid bagi yang rutin melakukannya? Pertama-pertama tentu lantaran kita merasa bertanggung jawab pada diri sendiri buat menunaikan perintah Alllah. Berikutnya “nuansa” sholat subuh di mesjid, dari mulai ke luar rumah, saat masuk mesjid, aura regiligus sudah terasa.

“Ritual” sholat subuh di mesjdi: azannya, sholat antara azan dan sholat subuhnya, suasana dalam mesjid serta yang tak kalah menarik  nuansa religius “mistik” di menjadi, menjadi sesuatu yang menarik-narik kita untuk sholat subuh di mesjid. Ada dorongan “spritualitas” atau religi untuk terus ke sana. Ada juga semacam “nuansa” aneh yang selalu juga menarik-narik kita untuk terus sholat subuh di mesjid.

Hamba ini sebagai mahluk Allah yang lemah, pernah operasi tiga kali. Sekali operasi pengangkatan empedu dan dua kali operasi penyambunhan tendon achiles atau otot kaki besar yang putus. Mula-mula yang kiri. Lantas dioperasi. Ototnya disambung. Sembilan bulan kemudian sudah sembuh “sempurna,” main bulutangkis lagi, dan lantas berikutnya tendon achiles kaki yang kanan ikut-ikutan putus. Dua-duanya lantaran main bulutangkis pada tingkat RT dan RW. Wahasil, penulis harus dioperasi dua kali.

Beberapa saat paska operasi hamba tidak dapat beraktivitas. Harus beristirahat, bahkan lebih banyak di kamar. Tentu saja tak mungkin ke mesjid. Sholat di kamar saja. Mula-mula malah sambil tiduran, kemudian sambil duduk dan trakhir berdiri seperti patung karena belum boleh ruku dan sujud. Setelah boleh ruku dan sujud pun masih tak bisa ke mana-mana, alias di rumah aja, termasuk tak dapat ke mesjid.

Waktu itu hati hamba ini terasa hampa. Hambar.

Ada sesuatu yang kosong. Rupanya pada saat-saat seperti itu kerinduan pada sholat subuh di mesjid menjadi memggunung. Apalagi saat usia merambat memasuki klasifikasi “warga senior” rindu sholat subuh di mesjid smemakin menjadi-jadi.

Dibanding sholat lainnya, sholat subuh menjadi awal kegiatan kita pada hari itu. Sholat subuh di mesjid sepetri diri kita melaporkan kepada Sang Pencipta sekaligus mohon perlindungannya sebelum kita melakukan aktivitas lainnya pada hari ini. Semacam apel kepada Allah.  Juga simbol kita berserah kepada kekuasaan-NYA.

Dengan begitu, sesudah sholat subuh di mesjid hati hamba ini menjadi tentram dan siap menghadapi pelbagai hal lantaran sudah melaporkan kepada Allah. Kita sudah iklas apapun yang terjadi. Makanya kita selalu rindu dan rindu untuk dapat sholat subuh di mesjid.

Perasaan rindu dan selalu terpanggil untuk sholat subuh di mesjid ini, boleh jadi tidak seketika hadir. Rasa itu tumbuh perlahan-lahan setelah bertahun-tahun rutin sholat subuh di mesjid. Bagi mereka yang tidak terbiasa sholat subuh di menjid, mungkin sama dengan mereka yang belum pernah pergi ke Mekah menunaikan haji, sehingga tidak atau belum pernah merasakan bagaimana rasanya rindu balik lagi ke Mekah dan berkunjung ke Ka’bah. Orang yang jarang sholat subuh di mesjid pastilah sulit memperoleh rasa rindu sholat subuh di mesjid sebagaimana orang setelah naik haji rindu kembali ke Mekah.

Terlepas dari pelbagai kelemahan yang ada pada diri hamba ini, bersama para jemaah sholat subuh lainnya di mesjid, setidaknya telah diberi nikmat merasakan kerinduan sholat subuh di mesjid.

Alhamdullilah

   T a b i k.*

 

Bersambung….

 

Penulis adalah wartawan dan advokat senior, juga Dewan Pakar Pengurus Pusat Muhammadiyah. Tulisan ini merupakan repotase/opini pribadi yang tidak mewakili organisasi.


Post a Comment

0 Comments