Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Festival Literasi, Arief: Budaya Gemar Baca Wujudkan Generasi Berkualitas

Walikota Tangerang Arief R. Wismasnyah
 pada Festival Literasi beri salam "literasi".
(Foto: Istimewa) 

 

NET – Guna mendorong partisipasi masyarakat menanamkan budaya gemar membaca diselenggarakan Festival Literasi Kota Tangerang oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang mulai dari 13 sampai dengan 19 Februari 2023. Hal ini sekaitan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-30 pada 28 Februari 2023.

Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah membuka festival tersebut di Atrium Mall Tang City Kota Tangerang, Jalan Jenderal Sudirman, mengatakan pentingnya mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan minat membaca guna mewujudkan Kota Tangerang yang cerdas dengan generasi berkualitas.

"Yang dibaca tentunya yang bermanfaat agar dapat mewujudkan generasi yang beekualitas. Karena, kita sekarang pada era sosial media ini inginnnya kan yang instan-instan, yang seadanya aja di timeline atau reels, ya kan ya," ucap Arief.

"Makanya harus pandai dalam memilah dan memilih serta menyaring konten-konten mana saja yang layak dan tidak untuk dikonsumsi. Itulah pentingnya literasi selain untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca sekaligus menumbuhkan minat membaca sesuatu yang bermanfaat. Jadi bisa memfilter sendiri." terang Walikota.

Arief menjelaskan budaya membaca terutama sejak usia dini juga penting agar dapat mencegah ketergantungan anak terhadap gadget.

"Era disrupsi ini kan serba tidak menentu, makanya pengawasan terhadap anak juga penting bagi kita para orang tua," tuturnya.

"Jangan sampai anak lebih suka bermain gadget daripada membaca, harus dibiasakan agar lebih suka membeli buku daripada membeli untuk diamond atau apapun untuk game online," ujar Arief.

"Untuk itu, saya berharap semoga dengan diselenggarakannya Festival Literasi ini dapat meningkatkan kegemaran masyarakat dalam membaca dan dalam bertutur yang nantinya dapat meningkatkan indeks literasi untuk kesejahteraan di Kota Tangerang," imbuh Arief.

Festival Literasi tersebut menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, yang menjadi narasumber dalam kegiatan Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kota Tangerang yang salah satu rangkaian acara dari festival tersebut.

Syarif menilai pihak  acara tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkot Tangerang dalam meningkatkan kualitas masyarakatnya.

"Festival ini layak diapresiasi karena merupakan komitmen dalam meningkatkan nilai dasar kualitas SDM-nya. Serta, komitmen menyediakan infrastruktur bahan bacaan dan penyediaan anggaran untuk menciptakan SDM yang punya talenta dalam mengedukasi masyarakat Kota Tangerang,” jelasnya. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments