Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dinilai Mampu Kendalikan Inflasi, Arief Diundang Mendagri Jadi Narsum

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah. 
(Foto: Istimewa)  



NET - Menteri Dalam Negeri mengundang Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menjadi narasumber dalam  rapat Pengendalian Inflasi Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada Selasa (24/1/2023) di Jakarta.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang Yeti Rohaeti menjelaskan penunjukan Walikota sebagai narasumber tersebut tentunya tidak terlepas dari keberhasilan Pemerintah Kota Tangerang bersama dengan TNI, Polri, dan Kejaksaan dalam pengendalian inflasi di Kota Tangerang.

"Iya benar Pak Wali (Arief R. Wismansyah-red) diundang Mendagri menjadi narasumber, untuk mempresentasikan strategi pengendalian inflasi di Kota Tangerang," ujar Yeti ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (23/1/2023).

"Kota Tangerang bersama Sulawesi Barat merupakan daerah dengan tingkat inflasi terendah secara nasional," ungkap Yeti.  

Sebagai informasi, angka inflasi dari tahun ke tahun di Kota Tangerang pada 2022 berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 4,6 persen yakni angka tersebut masih lebih rendah dibanding angka inflasi nasional yang sebesar 5,51 persen untuk tahun yang sama.

Menyinggung soal upaya pengendalian inflasi di Kota Tangerang, Yeti menerangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terus bahu-membahu untuk menjaga stabilitas harga di masyarakat. Caranya, antara lain dengan melakulan 6 langkah utama yaitu melaksanakan operasi pasar, melakukan pengawasan ke pasar agar distributor tidak menahan barang, memperlancar pasokan kebutuhan masyarakat, menyosialisasikan gerakan menanam, merealisasikan BTT, termasuk dukungan subsidi transportasi.

"Operasi pasar, kita lakukan 11 kali, termasuk bazar murah di 13 kecamatan. Kita meluncurkan Si Jampang yang menyasar langsung permukiman warga dengan harga di bawah harga pasar," paparnya.

"Belum lagi bantuan sosial untuk warga kurang mampu dan subsidi transportasi dengan menggratiskan angkutan Si Benteng dan BRT," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menjelaskan rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI terkait penanganan inflasi mulai dari tingkat daerah se-Indonesia. Pemerintah daerah diminta untuk berkolaborasi dengan unsur TNI, Polri, dan Kejaksaan untuk mengendalikan inflasi.

"Dan rapat besok ini sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden untuk saling berkolaborasi dan berbagi dengan Pemerintah daerah lain guna menekan angka inflasi nasional, " tukas Arief. (*/pur)


Post a Comment

0 Comments