Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Abuya Ridwan Saidi, Sosok Terbaik Anak Bangsa

Abuya Ridwan Saidi.
(Foto: Istimewa)  


Oleh: Mulyadi LM

 

Alhamdulillaah..

Allaahumma sholli alaa saidina Muhammad~ Innaalillahi wainnaailaihi roojiuuun..

Telah Wafat:

Abuya Ridwan Saidi.

Sahabat yg baik..

Saya mengajak kita bisa meuangkan sedikit waktu untuk mendo'akan Almarhum, dengan do'a terbaik kita dan hadiah al-fatihah. Semoga Abuya Ridwan Saidi diampuni segala dosa-dosanya, diterima segala amal ibadahnya dan diberikan tempat yang baik di sisi Allah SWT.

Almarhum Abuya Ridwan Saidi adalah: salah satu sosok terbaik anak bangsa yang bisa menjadi contoh teladan bagi kita. Ia bisa menjadi inspirasi banyak orang karena ia memiliki banyak gelar sebagai tokoh: Tokoh Nasional, Politikus handal, Budayawan, Seniman, Sejarawan, dan Kritikus pemberani kepada siapapun tak terkecuali di setiap rezim berkausa yang menurut pandangannya menyusahkan dan dzolim kepada rakyat.

Indahnya almarhum adalah seorang yg religious, ilmu agamanya sangat mumpuni dan saya pernah mendengar tausiahnya, keren. Secara pribadi saya orang yang menyukainya dengan sepenuh hati.

Almarhum, memang salah satu manusia yang boleh dibilang langka karena pada usianya yang sudah tidak muda lagi. Bahkan boleh dibilang jarang yang memiliki usia sekelasnya.

Ia masih memiliki semangat yang luar biasa dalam menginspirasi banyak orang. Apalagi semasa hidupnya yang apabila beliau berbicara lisannya sangat paseh mengeluarkan ide, gagasan dan kritik tajamnya dengan ciri khas logat betawinya atau sesekali ia bumbui dengan bahasa Belandanya.

Nyaris tak ada celah tak enak, selalu saja enak didengar dan mampu mengeluarkan narasi yang pas dan bisa membuat siapa saja yang mendengarkan terobsesi. Bahkan memesona dan terpukau. Setiap kali ia bicara seakan tak punya beban. Padahal yang mendengarkan terasa punya beban. Apalagi yang disinggungnya atau yang dikritisinya.

Jika ada momen “Diskusi Terbuka" yang membahas persoalan tertentu atau persoalan khusus atau persoalan umum, yang meliputi persoalan bangsa dan negara, baik yang menyangkut soal rakyat, kemiskinan, agama, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, sejarah, hukum, maupun soal politik yang sampai saat itu Indonesia masih menganut politik belah bamboo. Yang satu diangkat dan satu diinjak, sehingga Rakyat Indonesia masih jauh dari harapan hidup sejahtera dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia karena sistem politiknya yang masih rusak. Jika tokoh Betawi asli yang sekarang baru saja meninggalkan kita untuk selama lamanya diberikan kesempatan bicara, narasinya begitu terukur, pas tajamnya, pas juga beliau menggambarkan solusinya. Sehingga siapa saja yang sehat dan cerdas bila mendengarkan beliau berbicara pastinya menyenangkan, terasa minun kopi tanpa gula tidak merusak rasa kopinya.

Artinya narasi yang dilontarkan selalu keluar dari hati sanubarinya yang dalam. Dan itulah salah satu ciri khas Abuya Ridwan Saidi jika berbicara, untuk membela rakyat yang masih diberikan janji-janji manis tapi palsu oleh setiap penguasa dari satu rezim berpindah ke satu rezim berikutnya.

Hari ini beliau telah kembali kepada pemiliknya "Al-Kholik Allah SWT". Sejujurnya rakyat Indonesia khususnya rakyat Jakarta, sangat kehilangan sosok yang mungkin tidak pernah ada lagi yang seperti beliau karena kelebihan karakternya dari banyak tokoh yang ada.

Kini kita semua telah kehilangannya, semoga beliau pulang kepada Allah sudah menyiapkan bekal TAQWA sebagai bekal terindah untuk menggapai keridhoan'Nya dan surga'Nya.

وتز ود وا فان خير الزادالتقوى واتقون ياؤلى الالبب

"Sesungguhnya sebaik-baiknya bekal adalah TAQWA, dan bertaqwalah kalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman" QS. Al-Baqoroh|197.

Selamat jalan "Abuya Ridwan Saidi" Anak Betawi Asli yang keren, dengan rambut panjang dan peci hitam yang kelihatan lusuh sebagai teman setianya dikeseharian aktivitasnya, tokoh yang tiada banding dan gantinya. Suatu saat kami juga akan pulang kepada Allah, semoga kita bisa dipertemukan disurga-Nya. Aamiiin.. (***)

 

Penulis adalah Ustadz Betawi Tangerang.


Post a Comment

0 Comments