Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Advokat LBH Muhammadiyah Disarankan Laksanakan “Lawyer Integritas”

Dadang Trisasongko (berdiri) saat 
paparan dan moderator Gufroni (kiri). 
(Foto: Syafril Elain/TangerangNet.Com) 



NET – Setelah Muhammadiyah mencanangkan “Jihad Konstitusi” kini Layanan Bantuang Hukum (LBH) Muhammadiyah disarankan agar setiap advokatnya melaksanakan “Lawyer Integritas” sebagai hal sangat mulia.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Transparency International Indonesia (TII) Dadang Trisasongko dalam diskusi interaktif dengan tema “Upaya Pembaharuan Hukum Dalam Mewujudkan Keadilan Bidang Sosial dan Ekonomi di Indonesia” pada Rakornas LBH Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah. Rakornas berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (21-22/8/2022).

Diskusi dipandu oleh Gufroni dari LBH Muhammadiyah dengan nara sumber Dadang Trisasongko, Dr. Suparman Marzuki – mantan Ketua Komisi Yudisial (KY), dan Budi Wirobrojo – paktisi hukum.

Dadang menyebutkan apa sudah dicanangkan oleh Muhammadiyah tentang Jihad Konstitusi dapat dilanjutkan oleh advokat Muhammadiyah yang tergabung dalam LBH Muhamadiyah yakni Lawyer Integritas.

“Lawyer Integritas harus dimiliki oleh setiap advokat LBH Muhammadiyah. Dengan organisasi Muhammadiyah yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia ini menjadi suatu kekuatan besar untuk memberantas praktik curang dan suap dalam berperkara. Kalau belum bisa memberantas, paling mengurangi,” ucap Dadang bersemangat.

Hal senada disampaikan pula Budi Wirobrojo yang menyebutkan Muhammadiyah jangan berhenti pada Jihad Konstitusi. “Jihat Konstitusi sudah bagus dan perlu dilanjutkan dengan Lawyer Integritas. Sebab, persyarikatan Muhammadiyah yang sudah bergerak dalam bantuan hukum diperlukan integritas yang tinggi dari advokatnya,” ucap Budi.

Budi yang mengaku sudah belasan tahun menjadi advokat LBH mengatakan integritas yang tinggi bagi advokat dalam menangani suatu perkara menjadi penting. “Saya tidak menuduh advokat lain tidak punya integritas tapi LBH Muhammadiyah advokatnya perlu punya integritas yang tinggi,” ujar Budi.

Potensi yang dimiliki Muhammadiyah, kata Budi, sangat terbuka luas bagi advokat LBH Muhammadiyah untuk melaksanakan “Lawyer Intigritas”. “Saya yakin hal itu bisa dilaksanakan advokat LBH Muhammadiyah. Lawyer Integritas yakni advokat tidak mudah menerima godaan penyimpangan pihak tertentu untuk memenangkan suatu perkara. Tidak penting memenangkan perkara dengan cara-cara tidak terhormat,” tutur Budi.

Suparman Marzuki mengatakan kekuatan dan potensi yang dimliki oleh Muhammadiyah jadikan kekuatan actual. “Jangan sekadar pontensial tapi aktualkan dan wujudkan sehingga menjadi kekuatan actual,” ucap Suparman.

Usulan tersebut disambut baik oleh Direktur LBH Muhammadiyah Taufiq Nugroho. “Selama ini, kami sudah menekankan kepada setiap advokat yang tergabung dalam LBH Muhammadiyah punya integritas yang tinggi. Kalau advokat yang tergabung dalam LBH tidak punya integritas, tidak akan kuat. Yah, akan tersisih dengan sendirinya,” ujar Taufiq sembari tersenyum. (ril)

 

 

Post a Comment

0 Comments