Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Diperketat Jelang Idul Adha

Seorang dokter hewan sedang 
melakukan pemeriksaan terhadap sapi. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Jelang Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada 9 Juli 2022, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang kian memperketat pemeriksaan hewan kurban, di seluruh lapak penjualan hewan kurban di Kota Tangerang.

Peristiwa Idul Adha tahun ini beriringan dengan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kian merebak di Indonesia. Tak terkecuali Kota Tangerang yang sudah lebih dari 500 kasus, namun 60 persen di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman menjelaskan saat ini secara masif DKP menurunkan belasan dokter hewan, untuk memeriksa seluruh kesehatan hewan kurban, di seluruh peternakan hingga lapak penjualan hewan kurban di Kota Tangerang.

"Bukan hanya kesehatan fisiknya yang bebas PMK. Tim DKP memeriksa surat keterangan sehat dari daerah asal hewan kurban tersebut. Jika semua dicek aman dan sesuai standar, DKP akan memberikan stiker yang menyatakan lapak sehat dan aman PMK,” tutur Abduh.

"Stiker ini bisa menjadi acuan para pembeli hewan kurban, untuk lebih yakin hewan-hewan yang dijual sudah melewati pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat," ungkap Abduh, saat turun mengecek kesehatan hewan di lapak Kecamatan Periuk.

Abduh menjelaskan pengecekan kesehatan hewan yang dilakukan secara masif, beriringan dengan temuan kasus di Kota Tangerang yang tergolong cukup banyak. Namun, juga sudah banyak hewan terjangkit PMK dinyatakan sembuh. Sisanya, tinggal melewati massa ingkubasi virus sekitar 14 hari setelah terjangkit.

"Jadi, tidak usah panik semua bisa tertangani hingga dinyatakan sembuh. Masyarakat pun tak perlu ragu menjalankan ibadah berkurban. Tinggal memilih hewan kurban secara cerdas dan mengolah dagingnya secara sempurna," katanya.

Sementara itu, Amirullah, salah seorang pedagang hewan kurban menyatakan menjaga kesehatan hewan kurbannya dengan maksimal. Kurban yang dibawa dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibawa ke Tangerang dengan menggunakan jalur laut, untuk menghindari kota Jawa Tengah atau lainnya yang cukup banyak kasus PMK.

"Menjaga sterilisasi di lapak kurban, saya juga menyemprot desinfektan, cuci tangan dan lainnya bagi setiap pembeli yang mau datang. Jadi insya Allah semua diusahakan bersih dan steril untuk hewan yang dipastikan tetap sehat hingga hari Idul Adha," katanya. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments