Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Di Hadapan DPR RI, Arief Sampaikan Kendala Normalisasi Sungai Cisadane

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah 
menjelaskan kepada anggota DPR RI 
tentang kondisi Sungai Cisadane. 
(Foto: Istimewa)  


NET - Kota Tangerang menjadi lokasi kunjungan kerja Komisi V DPR RI guna meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala dengan kapasitas 500 liter/detik.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menerima kunjungan rombongan Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Ir. Ridwan Bae - selaku Wakil Ketua Komisi V yang berasal dari fraksi Partai Gerindra.

Arief memaparkan kondisi Sungai Cisadane yang menjadi sumber air baku pengolahan air minum bagi masyarakat, saat ini kondisi sungai mengalami pendangkalan akibat sedimentasi.

"Pemkot sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane. Namun belum menemui solusi yang tepat," ungkap Walikota pada acara yang berlangsung di Jalan Sitanala, Kecamatan Neglasari (3/6/2022).

Walikota menjelaskan Pemkot telah menginisiasi rencana normalisasi Sungai Cisadane melalui mekanisme kerjasama dengan sektor swasta dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial dari perusahaan yang memanfaatkan air dari Sungai Cisadane.

"Tapi, ide tersebut terbentur dengan UUD No. 17 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air (SDA). Di mana kegiatan normalisasi sungai hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah pusat," terang Arief.

"Mohon aspirasi kami dapat dipertimbangkan," ujar Arief berharap.

Dengan kunjungan DPR RI, kata Walikota, Pemkot mengharapkan adanya dukungan secara aturan dari unsur legislatif sebagai landasan hukum bagi Pemerintah daerah dalam bekerja melayani masyarakat, khususnya dalam penyediaan air bersih.

"Agar kami sebagai Pemda dapat bekerja lebih efektif dan efisien," tuturnya.

Bak gayung bersambut, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ir. Ridwan Bae mengungkapkan gagasan normalisasi Sungai Cisadane dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan merupakan ide yang baik dan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta menjadi bentuk partisipasi swasta kepada lingkungan.

"Mengingat Sungai Cisadane menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sebagai sumber air baku pengolahan air bersih," pungkas politikus Partai Gerindra. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments