Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Predikat Kota Bebas Frambusia, Diraih Kota Tangerang

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah
seusai menerima plakat penghargaan.
(Foto: Istimewa) 

 

NET - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengeliminasi penyakit Frambusia mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, yang ditandai dengan diberikannya sertifikat sebagai kota bebas frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia kepada Kota Tangerang. Frambusia adalah penyakit infeksi menular kronis yang disebabkan oleh bakteri.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah langsung menerima sertifikat yang diberikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P-2P) Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS dalam acara Peringatan Hari Malaria Sedunia di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (31/5/2022).

"Pemkot terus berupaya agar pencapaian positif ini dapat terus terjaga. Selain upaya meminimalisir penyakit lain di Kota Tangerang," ungkap Walikota usai acara didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni.

Arief menjelaskan Pemkot secara rutin melalui Dinas Kesehatan terus melakukan upaya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya, pencegahan, dan pengobatan penyakit menular kepada masyarakat.

"Edukasi yang baik akan membantu dalam proses pengobatan kepada para penderita penyakit," tutur  Walikota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan Kota Tangerang dinyatakan bebas frambusia lantaran bukan menjadi daerah endemi dan surveilans aktif berjalan dengan baik serta dalam kurun waktu enam bulan tidak ditemui kasus frambusia di Kota Tangerang.

"Penilaian dilakukan langsung oleh Kemenkes selama 6 bulan sejak tahun 2021," pungkas dokter Dini.

Sebagai informasi, frambusia atau yang lebih dikenal dengan sebutan  patek atau puru adalah penyakit infeksi tropis pada kulit, tulang dan sendi yang disebabkan oleh bakteri spiroket Treponema pallidum pertenue. (*/pur)

Post a Comment

0 Comments