Berita Terkini

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemprov Banten Tetapkan BSD Serpong Sebagai Kawasan Pendidikan

Kepala Dinas Dikbud Provinsi 
Banten Tabrani. 
(Foto: Istimewa) 


NET - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menetapkan wilayah Serpong terutama di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan, sebagai kawasan ekonomi  khusus pendidikan. Dan saat ini beberapa kampus ternama telah berdiri di kawasan ini.

“Pak Gubernur menandatangani penetapan wilayah Serpong sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus, red) Pendidikan,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Banten Tabrani usai menghadiri Pembukaan Monash University Kampus Indonesia di Green Office Building BSD Cisauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (14/4/2022).

Kadis Dikbud Tabrani menyambut baik hadirnya Monash University Kampus Indonesia di Cisauk BSD, Kabupaten Tangerang.

“Nantinya, setelah Monash University, bakal hadir pula Universitas Internasional lain ke Serpong. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh pengelola Sinar Mas Land,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan penetapan BSD Serpong sebagai KEK Pendidikan nantinya akan semakin menguntungkan Provinsi Banten. Karena bakal banyak Universitas Internasional lainnya yang akan hadir di Provinsi Banten. Saat ini, di Provinsi Banten ada 92 Pertguruan Tinggi dengan rincian dua perguruan tinggi negri dan 90 perguruan tinggi swasta

Menurut Tabrani, dengan hadirnya Universitas Internasional di Provinsi Banten seperti Monash University, menjadikan biaya kuliah semakin efisien. Para mahasiswa tidak perlu ke luar negeri namun cukup datang ke Serpong untuk kuliah di Universitas Internasional.

“Ini suatu hal yang luar biasa, di Provinsi Banten ada Universitas Internasional seperti Monash University,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim mengungkapkan salah satu misi Presiden Jokowi dalam pendidikan adalah menginginkan banyaknya kolaborasi institusi pendidikan Indonesia dengan institusi pendidikan global. Kolaborasi pendidikan menjadi salah satu jembatan terkuat dalam membangun hubungan internasional untuk membangun ekonomi

“Selamat dan sukses atas pembukaan Monash University Kampus Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Nadiem, Gedung Monash University Kampus Indonesia mencerminkan model pendidikan abad 21. Kampus cukup flesibel, serba modular, tidak ada sekat antar prodi, dan hybrid learning.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim bersama Vice Chancellor Monash University Prof Margaret Gardner.

Turut hadir Duta Besar Australia Penny Wiliams, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta sejumlah alumni Monash University di Indonesia. (*/pur)

 

Post a Comment

0 Comments